Vespa LX dan S Mau Naik 150 cc? Bisa Pakai Komponen Ini

Vespa LX dan S Mau Naik 150 cc? Bisa Pakai Komponen Ini
Jumat, 1 Juli 2022 09:00
Ruslan Abdul Gani

Vespa LX dan S keluaran terbaru dibekali dengan kubikasi mesin yang lebih kecil yakni 125 cc. Padahal, sebelumnya kedua model ini memiliki mesin yang lebih besar yaitu 150 cc. Lantas, jika ingin upgrade menjadi 150 cc apakah bisa pakai komponen mesin kepunyaan saudaranya seperti Sprint atau Primavera?

Denil Sagita selaku pemilik Scooter VIP mengatakan untuk Vespa dengan teknologi i-get sudah bisa dilakukan. Menurutnya asalkan LX dan S i-get ingin menjadi 150 cc, bisa menggunakan blok dari Primavera atau Sprint i-get. Dengan demikian kubikasinya meningkat 25 cc menjadi 150 cc.

   Baca Juga: Mau Tahu Motor Kena Tilang Elektronik ETLE atau Tidak? Begini Ceknya!

Vespa LX dan S Mau Naik 150 cc

"Kalau Sprint-nya yang i-get, dia bisa pakai. Karena bedanya itu cuman di piston doang. Secara sistem kelistrikan dan blok kan sama sebenarnya. Misalnya LX 125 i-get terus mau pakai blok originalnya Sprint i-get pun bisa langsung plug and play," ujar Denil ketika ditemui OtoRider di Kawasan Grand Galaxy City, Bekasi Selatan, Jawa Barat.

Menurutnya, perbedaan antara Vespa 125 dan 150 hanya di ukuran diameter boring serta piston yang lebih besar saja, sisanya sama. Sehingga, LX dan S i-get pun bisa menjadi 150 cc menggunakan komponen bawaan original. Bahkan Denil mengatakan jika ingin lebih besar pakai blok mesin dari Polini dan Malossi pun masih plug and play.

Vespa LX dan S Mau Naik 150 cc

   Baca Juga: Klasemen Kejuaraan Tim dan Konstruktor MotoGP 2022 Usai Seri Belanda

"Kan bedanya cuma di lubang bore-nya itu sama pistonnya. Secara sistem semuanya sama dan kalau pakai itu langsung jadi 150 cc. Kalau mau pakai blok Polini dan Malossi yang 183 cc juga bisa langsung pasang di 125 i-get," pungkasnya.

Hanya saja berdasarkan penjelasan Denil terdapat beberapa perbedaan dan penyesuaian. Seperti di bagian CVT dari Vespa 125 i-get memiliki komponen yang lebih kecil dan pendek. Sementara jika upgrade ke 150 cc, membutuhkan tambahan piggyback untuk menyesuaikan suplai bahan bakar ke mesin.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.