3 Hal yang Bikin Kampas Kopling Motor Cepat Habis

3 Hal yang Bikin Kampas Kopling Motor Cepat Habis
Selasa, 18 Juli 2023 10:35
Nabiel Giebran El Ri

OTORIDER - Kampas kopling yang habis enggak melulu cuma karena dari gaya berkendara saja. Ada sejumlah penyebab lain yang bisa bikin kampas kopling cepat habis.

"Pertama-tama bisa dari pemakaian oli yang enggak sesuai dengan spesifikasi motor. Oli yang tadinya untuk melumasi kampas kopling malah jadi menguap karena kepanasan," ucap Andi, salah satu mekanik Suba Motor, Bojong Gede.

   Baca Juga: Adu Harga Honda PCX160 dan Yamaha NMax 155, Siapa Lebih Murah?

Lalu, per kopling lemah juga bisa jadi penyebab kampas kopling motor Anda lebih cepat habis. "Ini sering banget ditemuin ketika sedang mengganti kampas kopling baru. Kampasnya diganti tapi pernya enggak. Jadinya per yang lemah akan menekan plat kampas koplingnya terus," ujar Andi.

Sementara itu, setelan jarak kopling pendek memang lebih nyaman untuk dipakai riding. Terutama ketika berkendara di kota yang banyak macetnya seperti di Jakarta. Namun, menurut Andi setelan jarak kopling yang pendek akan mengorbankan kampas kopling.

   Baca Juga: Cara Atasi Electric Starter Motor yang Enggak Berfungsi

"Iya, pemotor punya kecenderungan akan sering gantung kopling dan kebakar tuh kampasnya. Tapi ini tidak semua ya, masih ada juga kok yang bisa pakai kopling pendek," kata Andi. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.