Cara Atasi Electric Starter Motor yang Enggak Berfungsi

Cara Atasi Electric Starter Motor yang Enggak Berfungsi
Minggu, 16 Juli 2023 17:30
Nabiel Giebran El Ri

OTORIDER - Electric starter yang tidak bisa digunakan tentunya bisa bikin kesal pemilik kendaraan. Apalagi, jika motor Anda tidak dibekali fitur kick starter. Maka, motor pasti tidak bisa menyala.

Electric starter yang bermasalah bisa disebabkan oleh beberapa hal. Ada beberapa komponen yang harus dilakukan pengecekan, seperti bagian aki, switch starter, dan dinamo starter.

   Baca Juga: Cara Bersihkan Visor Helm Biar Tidak Cepat Baret

“Untuk aki pastikan tegangannya enggak ada di bawah 12 volt,” buka Andi, salah satu mekanik Suba Motor, Bojong Gede

Kalau tegangan aki masih normal, lanjut cek ke bagian fungsi switch starter. "Ciri-ciri bendik rusak biasanya hanya ada bunyi ‘cetak-cetak’ ketika tombol starter dipencet. Untuk memastikan bendik rusak, bisa di-jumper," jelas Andi.

Cara jumper-nya dengan menghubungkan obeng di kedua terminal kabel bendik atau switch starter. "Kalau mesin mau menyala ketika di-jumper, berarti switch starter yang rusak," terangnya.

   Baca Juga: Harga Supermoto Kawasaki D-Tracker, KLX230SM, dan KLX150SM (Juli 2023)

Kemudian, lakukan juga pengecekan pada dinamo starter-nya. "Bongkar bagian dinamo starter, cek kondisi arang atau brush biasanya ini yang menjadi biang masalahnya. Kalau sudah aus, harus diganti arangnya," tutur Andi.

Andi menjelaskan ketika ingin membongkar dinamo starter harus dibersihkan dan dilumasi dengan gemuk atau grease. "Dilumasi sekaligus dibersihkan supaya as rotor dinamo enggak macet dan lancar kerjanya,” pungkasnya. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.