Bagian Belakang CVT Motor Matic Timbul Suara Kasar? Cek Komponen Ini!

Bagian Belakang CVT Motor Matic Timbul Suara Kasar? Cek Komponen Ini!
Jumat, 6 Januari 2023 11:00
Ruslan Abdul Gani

Bagi pemilik motor matic mungkin pernah mendengar suara kasar yang timbul dari sekitaran area CVT. Ada beberapa penyebab suara kasar di area tersebut. Kalau suara yang muncul ada di belakang, sebaiknya fokuskan pemeriksaan pada komponen bagian belakang CVT.

"Didengar terlebih dahulu sumber suaranya dari belakang atau depan. Kalau timbul suara kasar di area CVT motor matic bagian belakang, bisa periksa pulley belakangnya," ujar Faiz, Pemilik D Kutic, bengkel spesialis motor matic di Beji, Depok, Jawa Barat.

   Baca Juga: Electric Starter Motor Rusak, Komponen Ini Bisa Jadi Penyebabnya

Pulley Belakang CVT

Faiz menjelaskan jika memang benar suara kasarnya timbul dari bagian belakang CVT, bisa disebabkan oleh kondisi bearing yang sudah rusak. "Bearing ini letaknya ada di dalam pulley belakang. Ada dua jenis bearing, yaitu bearing bambu dan bearing pelor," ucap Faiz kepada OtoRider.

Kerusakan salah satu bearing menyebabkan timbulnya suara kasar dari dalam CVT. "Memang biasanya bearing bambunya yang lebih cepat rusak ketimbang bearing kecil. Kalau sudah rusak pasti timbul suara kasar, apalagi ketika putaran mesin semakin tinggi," jelasnya.

Pulley Belakang CVT

   Baca Juga: Jangan Langsung Diganti! Ini Cara Deteksi Kerusakan Tensioner Yamaha NMax

Jadi, komponen bearing yang ada di dalam pulley belakang bisa jadi penyebab suara CVT kasar. Jika mengalami hal tersebut, Faiz menyarankan untuk segera menggantinya. "Sebaiknya jika bearing-nya sudah rusak segera diganti agar kinerja CVT motor matic kembali optimal. Kalau dibiarkan malah akan merusak komponen lainnya," terang Faiz.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.