Masalah Sepele Ini Bisa Buat Kunci Motor Cepat Aus

Masalah Sepele Ini Bisa Buat Kunci Motor Cepat Aus
Sabtu, 25 Februari 2023 15:00
Afrizal Abdul Rahman

Tak sedikit pengguna roda dua yang memiliki masalah pada kunci kontak. Di antaranya seperti dikarenakan faktor usia yang membuatnya aus.

Ternyata, ada masalah sepele yang dapat membuat komponen kunci menjadi cepat aus, salah satunya pemilihan gantungan kunci. Hal tersebut diungkapkan oleh Ian selaku Pemilik Tian Kunci yang berlokasi di Cilodong, Depok, Jawa Barat.

   Baca Juga: Alex Rins Sebut Masih Banyak Pekerjaan yang Harus Dilakukan Honda

"Gantungan kunci itu jangan terlalu berat sebab bisa merusak komponen kunci itu sendiri. Karena ketika berat, tentu ada gesekan yang lebih kencang," katanya kepada OtoRider.

Penyebab Kunci Kontak Kendur atau Dol

Lebih lanjut, ia mengatakan kunci motor sendiri terbuat dari bahan kuningan yang memang memiliki umur pakai. Ketika kondisi di atas dilakukan, tentu dapat berpotensi memperpendek usia kunci tersebut.

   Baca Juga: Apa Sih Bedanya Kunci Panjang dan Pendek pada Motor?

"Gesekan pasti ada, yang menyebabkan kunci akan aus dengan sendirinya, tapi ketika ada beban yang lebih itu bisa mempercepat waktu pakai. Misalnya, kunci dapat bertahan 5-10 tahun, dan ini baru beberapa tahun sudah rusak karena kuningan akan bergesekan," tambahnya.

Ketika memakai gantungan yang berat, seperti kunci rumah hingga tempat STNK motor, maka berisiko memiliki banyak kerugian. "Biayanya pasti bengkak, kunci motor hilang, kunci rumah hilang, STNK juga hilang. Jadi saya sarankan tidak menggunakan gantungan yang berat," ucapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.