Banyak yang Belum Tahu, Ini Arti Titik Kuning pada Ban Motor

Banyak yang Belum Tahu, Ini Arti Titik Kuning pada Ban Motor
Sabtu, 17 Juni 2023 13:30
Nabiel Giebran El Ri

Mungkin para pemilik kendaraan, khususnya motor masih belum banyak yang tahu arti titik berwarna kuning pada dinding ban motor. Tanda titik berwarna kuning ini biasanya dapat Anda lihat dengan jelas di ban motor yang kondisinya masih baru.

Bukan cuma hiasan saja, titik kuning berfungsi terutama pada saat pemasangan ban. "Tanda titik kuning menunjukkan bagian paling ringan pada ban, sebaiknya dipasang sejajar dengan posisi valve atau pentil di ban motor," terang Haris, salah satu Pegawai Planet Ban di Talang, Bogor kepada OtoRider.

   Baca Juga: Ramaikan Jakarta Fair 2023, Kawasaki Rilis KLX110R dan KLX110R L

Bagian ban yang ditandai dengan titik kuning harus berada tepat pada bagian valve atau pentil ban. Nah, mengapa demikian?

Ban motor Yamaha NMax

   Baca Juga: Alasan Pentingnya Kalibrasi Kemampuan Instruktur Safety Riding

Dengan adanya tanda tersebut akan memudahkan dan memaksimalkan keseimbangan ban pada saat terpasang di pelek motor. "Karena bagian roda yang terdapat pentil ban merupakan titik paling berat, maka lebih baik dipasang sejajar dengan titik paling ringan pada ban," jelasnya.

Tanda kuning ini tidak hanya ada di ban tubeless saja, tapi juga terdapat pada ban biasa atau tube type. Oleh karena itu, untuk perfoma maksimal, pastikan titik kuning ini terpasang sejajar dengan pentil ban ya!

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.