Buat yang Belum Tahu, Ini Bedanya Proses Cat Oven dan Biasa

Buat yang Belum Tahu, Ini Bedanya Proses Cat Oven dan Biasa
Sabtu, 11 Februari 2023 21:30
Ruslan Abdul Gani

Saat ini banyak yang melakukan cat ulang motor agar kembali terlihat kinclong, layaknya motor baru. Namun, pada saat ingin repaint ke bengkel spesialis ada yang menawarkan proses cat oven dan biasa. Lantas, apa perbedaannya?

Juistian Farhan selaku Pemilik Square Project, bengkel spesialis cat menjelaskan perbedaannya terletak diproses pengeringannya saja. "Kalau cat oven itu pakai alat pemanas berupa oven untuk proses pengeringan, sedangkan tidak oven mengandalkan cuaca dan suhu panas udara," ujar Junistian saat disambangi OtoRider di Jagakarsa, Jakarta Selatan.

   Baca Juga: Perbedaan Cat Jenis PU dan NC, Lebih Bagus Mana?

Bedanya Cat Oven dan Biasa

Kemudian, proses pengeringan cat oven bisa disesuaikan dengan kebutuhan. "Menggunakan oven bisa diatur seberapa panas suhunya, jadi proses pengeringan bisa diperkirakan berapa lama," ucap Junistian.

Cat oven dinilai punya tingkat pengeringan maksimal sehingga hasil kilap dan daya tahannya cukup bagus. Namun, cat tanpa oven juga bisa menyamai kualitas cat oven. "Cat tanpa oven juga bisa bagus, itu semua tergantung dari kualitas bahan yang digunakan terutama thinner dan clear yang digunakan," jelasnya.

Bedanya Cat Oven dan Biasa

   Baca Juga: Cara Deteksi Kampas Rem Motor yang Sudah Mulai Tipis

Usahakan gunakan bahan-bahan yang bagus jika ingin mengecat tanpa menggunakan oven. "Meski tanpa oven kalau pakai clear yang bagus dan thinner jenis PU slow pasti hasil kilapnya baik, tidak kalah dengan cat oven. Memang kekurangannya pengeringannya agak sedikit lama dibanding cat oven yang bisa diatur," terangnya.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.