Perbedaan Cat Jenis PU dan NC, Lebih Bagus Mana?

Perbedaan Cat Jenis PU dan NC, Lebih Bagus Mana?
Selasa, 7 Februari 2023 10:00
Ruslan Abdul Gani

Salah satu cara agar tampilan motor kembali kinclong bisa dengan cara repaint. Sebelum melakukan repaint, umumnya terdapat cat jenis PU (Poly Urethane) dan NC (Nitro Cellulose). Lantas, apa bedanya?

Junistian Farhan selaku Pemilik Square Project, bengkel spesialis cat mengatakan salah satu perbedaannya ada dari segi harga. "Cat jenis NC itu punya harga yang lebih terjangkau dibanding jenis PU," ujar Junistian saat disambangi OtoRider di Jagakarsa, Jakarta Selatan.

   Baca Juga: Bolehkah Cat Semprot Langsung Ditimpa Cat Kompressor?

Fungsi Epoxy Saat Repaint

Namun, cat jenis NC punya kelemahan seperti kurang mengkilap atau glossy. "Kurang mengkilap hasilnya ketika kering dibanding cat PU yang hasilnya lebih baik. Meski kurang mengkilap tapi keunggulan lainnya yaitu sifatnya yang instan atau cepat untuk diaplikasikan, cepat kering ketimbang cat PU," ucap Junistian.

Kemudian, cat jenis NC juga punya kekurangan lain, yakni daya tahannya kurang baik alias lebih cepat pudar. "Cat NC juga lebih cepat kusam, apalagi sering terkena paparan sinar matahari. Kalau jenis PU lebih tahan lama," jelasnya.

Cat Semprot Ditimpa Cat Kompressor

Selain itu, untuk cat PU diklaim punya kelebihan pigmen warna yang bagus, sehingga tidak perlu berulang kali semprot untuk dapatkan warna yang diinginkan. "Kalau cat NC harus beberapa kali semprot baru keluar warnanya," tuturnya.

   Baca Juga: Ternyata Ini Fungsi Poles Setelah Repaint Body Motor Selesai

Jadi, bagi Anda yang ingin cat ulang kendaraan, sebaiknya gunakan cat jenis PU agar hasil lebih maksimal dan tahan lama.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.