Cek Kondisi CVT Vespa Matic Jelang Libur Lebaran, Periksa 2 Hal Ini!

Cek Kondisi CVT Vespa Matic Jelang Libur Lebaran, Periksa 2 Hal Ini!
Rabu, 19 April 2023 21:15
Thio Pahlevi

Pengecekan dan penggantian komponen kendaraan roda dua secara berkala tentunya wajib dilakukan, termasuk pada Vespa matic. Salah satu bagian yang memerlukan pengecekan di Vespa matic adalah area Continuously Variable Transmission (CVT). Lantas, bagaimana agar bagian ini bekerja dengan maksimal, khususnya ketika dipakai berkendara saat libur Lebaran?

CVT sendiri merupakan bagian sistem transmisi daya dari mesin menuju ban belakang menggunakan sabuk atau belt yang menghubungkan antara pulley primer dengan pulley sekunder. Melalui CVT, Vespa matic melakukan perpindahan kecepatan secara otomatis sesuai putaran mesin.

   Baca Juga: Suzuki Umumkan Harga V-Strom 250SX, Berikut 3 Pilihan Warnanya

Di area CVT, komponen yang memerlukan perawatan antara lain adalah v-belt. Dennil Sagita selaku Founder dari Scooter VIP, bengkel spesialis Vespa matic membagikan beberapa tips dalam merawat v-belt Vespa matic.

Warna Baru Vespa Sprint dan Vespa Primavera 2022

"Kondisi v-belt idealnya harus diperiksa secara berkala setiap 8.000 km dan umumnya usia pemakaian v-belt sampai dengan 24.000 km. Dengan melakukan pemeriksaan rutin, kondisi v-belt dapat terkontrol dengan baik, sehingga tanda-tanda awal kerusakan seperti retak-retak atau aus dapat lebih dini diketahui," ujar Dennil dalam keterangan resmi yang diterima OtoRider.

   Baca Juga: Finish Ke-4 di MotoGP Austin 2023, Vinales: Saya Sangat Tersanjung

Dennil mengungkapkan masalah yang berisiko timbul jika v-belt aus adalah bunyi berdecit dan penurunan akselerasi, bahkan putus. V-belt yang bermasalah juga dapat memengaruhi ketahanan serta kinerja roller weight dan menyebabkan roller peyang.

"Gejalanya, terdengar bunyi atau suara yang berisik di dalam CVT bagian depan. Kerusakan satu roller harus diganti dengan satu set roller. Namun harus diketahui bahwa ukuran dimensi dan gramasi roller tiap Vespa matic berbeda-beda, sehingga harus dipastikan set roller pengganti memiliki spesifikasi yang sesuai tipe dan kebutuhan Vespa matic masing-masing," jelas Dennil.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.