Faito Kenalkan Bearing dengan Retainer Composite Wood, Apa Bagusnya?

Faito Kenalkan Bearing dengan Retainer Composite Wood, Apa Bagusnya? Bearing Faito S720.
Sabtu, 25 November 2023 13:18
Thio Pahlevi

OTORIDER - PT Faito Racing Development Indonesia memperkenalkan produk bearing dengan retainer berbahan wood laminated phenolic (composite wood) yaitu Faito S720. Faito sendiri merupakan produsen spare part aftermarket untuk mendukung kebutuhan pengguna motor yang ingin meningkatkan performa. Lantas, apa fungsi dari bearing itu sendiri serta bagaimana keunggulannya?

Bearing atau laher merupakan salah satu komponen penting dalam konstruksi mesin motor. Komponen mekanis ini dirancang guna mengurangi gesekan antara dua bagian yang berputar, seperti poros dan dudukannya. Sehingga, memungkinkan gerak perputaran yang lebih lancar, halus, dan efisien.

Tak hanya di area mesin, bearing juga bisa ditemui di bagian roda. Umumnya, bearing yang dipakai di motor kebanyakan menggunakan tipe radial ball bearing. Bearing tipe ini memiliki bantalan berbentuk bola baja dengan satu alur.

Bearing tersebut biasanya terdiri dari beberapa komponen, di antaranya adalah inner ring (cincin dalam), outer ring (cincin luar), ball steel (bola besi), dan retainer/separator. Retainer sendiri menjadi salah satu faktor yang menentukan kualitas sebuah bearing.

Saat ini, retainer bearing umumnya terbuat dari bahan baja karbon. Bearing dengan retainer baja memerlukan pelumasan ekstra karena gesekan antar besi yang akan menimbulkan potensi keausan cukup tinggi. Sehingga, Faito pun memperkenalkan bearing Faito S720 dengan retainer wood laminated phenolic (composite wood) yang dikenal memiliki daya tahan tinggi.

Gunawan selaku Engineer PT Faito Racing Development Indonesia mengatakan bearing Faito S720 memiliki beberapa keunggulan. Di antaranya adalah tahan terhadap getaran serta temperatur tinggi, self lubrication, dan tahan pada pengaruh korosi, senyawa kimia serta keausan.

"Selain menggunakan retainer berbahan wood laminated phenolic, bearing Faito S720 termasuk dalam kategori internal clearance atau celah bearing C4, hal ini untuk memaksimalkan pelumasan ketika bearing bekerja dalam putaran tinggi. Keunggulan lain adalah sifatnya yang dapat melumasi secara mandiri (self lubrication), sehingga bearing Faito S720 mengurangi terjadinya keausan saat mesin saat baru dihidupkan, di mana oli mesin belum belum disirkulasikan ke semua komponen mesin," kata Gunawan.

Gunawan menambahkan bearing Faito S720 sangat direkomendasikan untuk sepeda motor yang dipakai sehari-hari, maupun turing atau balap. Bearing ini tersedia dalam berbagai kemasan, mulai dari satuan hingga paket, sehingga lebih praktis dan ekonomis. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.