Hati-Hati, Kampas Rem Seperti Ini Bisa Buat Piringan Motor Cepat Tipis

Hati-Hati, Kampas Rem Seperti Ini Bisa Buat Piringan Motor Cepat Tipis
Rabu, 5 Juli 2023 11:00
Nabiel Giebran El Ri

Piringan cakram yang ada pada motor tentu memiliki usia pemakaian. Itu berarti, lama-kelamaan seiring pengunaan piringan akan menjadi tipis.

Kalau sudah tipis, piringan cakram harus segera diganti agar pengreman motor kembali optimal. Tapi, cepat tidaknya tipisnya piringan cakram ternyata dapat dipengaruhi oleh jenis kampas rem yang digunakan.

   Baca Juga: Bolehkah Rantai Motor Dilumasi Pakai Oli?

"Biasanya kalau memakai kampas rem yang materialnya agak keras bisa mempercepat umur piringan atau cakram," kata Andi, salah satu mekanik Suba Motor, Bojong Gede.

Kampas rem yang keras memang bisa membuat waktu penggantian lebih awet dari kampas rem pada umumnya. “Konsekuensinya adalah pada bagian piringan cakramnya yang kalah atau jadi lebih cepat habis,” ujar Andi.

Ganti Piringan di Sistem Rem ABS

   Baca Juga: Harga Honda Scoopy dan Yamaha Fazzio per Juli 2023, Lebih Murah Mana?

Memang lama atau cepat habisnya kampas rem dan piringan lebih banyak dipengaruhi oleh gaya berkendara pemilik motor. Tapi menurut Andi, Anda tinggal pilih antara kampas rem dan piringan cakram.

"Semua itu ada kelebihan dan kekurangannya. Kalau memakai kampas rem yang materialnya agak keras, memang awet, akan jarang ganti kampas rem. Tapi harus dipikirkan juga bagaimana efeknya terhadap piringan atau cakram," pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.