Kick Starter di Motor Matic Juga Perlu Dirawat, Begini Caranya

Kick Starter di Motor Matic Juga Perlu Dirawat, Begini Caranya
Sabtu, 27 Mei 2023 10:00
Ruslan Abdul Gani

Motor matic pada umumnya dilengkapi dua macam perangkat starter untuk menyalakan mesin. Ada yang hanya memiliki satu sistem start yakni electric saja serta ada juga yang menggunakan dua jenis starter yaitu electric dan kick starter.

Ternyata kick starter di motor matic juga perlu dirawat agar selalu dalam kondisi prima, apalagi ketika ingin digunakan. "Perawatannya pun cukup mudah, bahkan sama dengan komponen lainnya, kick starter harus selalu dijaga kebersihannya," ujar Ade Rohman, Sub Department Technical Service PT Daya Adicipta Motora.

   Baca Juga: Servis Tahunan Motor Hybrid Yamaha dan Matic Biasa, Ada Perbedaan?

Merawat Kick Starter di Motor

Ade mengatakan melihat posisi kick starter yang berada di luar, maka sering terkena lumpur dan air hujan. "Sebaiknya bagian ini  harus selalu bersih dan bebas kotoran,” ucap Ade.

Selain itu, bagi pemilik motor matic yang memiliki fitur kick starter dihimbau agar sering digunakan, misalnya ketika akan menyalakan motor di pagi hari. Cukup dengan menggunakan standar tengah, lalu sesekali menyalakan motor.

Merawat Kick Starter di Motor

   Baca Juga: Cara Menentukan Waktu Ganti Busi di Motor, Tergantung dari Jenisnya?

"Hal itu bertujuan supaya bagian kick starter selalu ada pergerakan dan di bagian dalam komponen perangkat tersebut selalu bekerja dengan baik," jelasnya.

Kemudian, ketika melakukan servis rutin terutama di bagian komponen CVT, bagian dalam perangkat kick starter jangan lupa untuk dibersihkan dan dicek oleh mekanik apakah ada kendala atau tidak ketika digunakan.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.