Modifikasi Kelistrikan Halfwave ke Fullwave di Motor, Perlu Apa Saja?

Modifikasi Kelistrikan Halfwave ke Fullwave di Motor, Perlu Apa Saja?
Jumat, 12 Mei 2023 13:30
Ruslan Abdul Gani

Motor keluaran terbaru saat ini memang sudah mengadopsi kelistrikan fullwave. Namun, masih banyak juga motor yang masih halfwave digunakan untuk sekadar hobi atau mobilitas sehari-hari.

Biasanya pemilik motor yang masih dibekali kelistrikan halfwave ingin mengubah ke fullwave. Alasannya, jika ingin modifikasi lampu terutama jenis projector lamp alias projie butuh suplai listrik yang stabil. 

   Baca Juga: Biar Tidak Korsleting, Begini Cara Merawat Sekring di Motor

Lantas, apa aja yang diperlukan untuk mengubah kelistrikan halfwave menjadi fullwave

kiprok motor

Hariza Yazidi selaku Pemilik Light Corner yang merupakan bengkel spesialis kelistrikan dan lampu menjelaskan untuk mengubah halfwave menjadi fullwave cuma perlu kiprok, kabel, dan soket. "Cuma butuh kiprok Tiger atau Yamaha NMax, kabel, dan soket buat kiprok barunya," ujar Hariza saat disambangi OtoRider di Jalan Raya Bogor, Cibubur, Jakarta Timur.

Hariza menjelaskan untuk mengubah dari halfwave ke fullwave tidak perlu lakukan penggantian spull. "Untuk motor-motor sekarang tidak perlu ganti spull, kecuali seperti RX-King yang kawat spull-nya masih tipis," ucap Hariza.

Rubah Kelistrikan Halfwave Ke Fullwave

   Baca Juga: Tips Mencegah Mesin Motor Overheat Saat Dipakai Perjalanan Jauh

Kemudian, setelah kiprok yang ingin dipasang sudah tersedia, tinggal mencari jalur kabel dari spull. "Jalu ground dari spull dan lainnya tinggal disambungkan ke kiprok baru, kabel ground yang menempel di mesin tidak digunakan lagi, kabel pengisian juga dipasang ke kiprok. Hati-hati harus paham dulu yang mana jalur pengisian dan keluaran dari kiprok barunya," jelas Hariza.

Jadi, untuk mengubah kelistrikan halfwave ke fullwave yang paling penting kiprok, soket, dan kabel. Tapi, harus dipahami terlebih dahulu jalur kelistrikannya biar tidak salah dan terjadi korsleting.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.