Penyebab Rantai Motor Sering Mengeluarkan Bunyi

Penyebab Rantai Motor Sering Mengeluarkan Bunyi
Senin, 17 Juli 2023 23:35
Nabiel Giebran El Ri

OTORIDER - Rantai motor berfungsi untuk meneruskan tenaga mesin melalui perputaran gir menuju roda belakang. Seiring pemakaian, akan muncul berbagai masalah pada rantai motor.

Salah satu masalah yang sering terjadi pada rantai adalah mengeluarkan bunyi saat digunakan. Tentunya, hal ini akan cukup mengganggu kenyamanan ketika berkendara. Lantas, apa penyebabnya?

   Baca Juga: Harga Supermoto Kawasaki D-Tracker, KLX230SM, dan KLX150SM (Juli 2023)

Andi, salah satu mekanik Suba Motor, Bojong Gede menjelaskan hal itu disebabkan karena kondisi tegangan rantai yang tidak tepat. “Tegangan rantai yang terlalu kendur bisa menyebabkan bunyi, terlalu kencang pun bisa bikin bunyi. Jadi, sebisa mungkin harus pas saat menyetelnya,” kata Andi.

Selain itu, kondisi rantai motor yang sudah kering juga bisa menjadi penyebab timbulnya bunyi kasar. “Bagian rantai kan sering kena air hujan dan debu, lama-kelamaan pasti akan kering," terangnya.

   Baca Juga: Komparasi Harga Honda Vario 160 dan Yamaha Aerox 155 per Juli 2023

Bila kondisi tegangan rantai sudah pas dan tidak kering, tetapi masih ada bunyi kasar, berarti rantai motor telah aus. "Kalau kondisi rantai sudah aus tidak bisa diakali, harus ganti baru solusinya," pungkas Andi. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.