Electric Starter Motor Enggak Berfungsi? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Electric Starter Motor Enggak Berfungsi? Bisa Jadi Ini Penyebabnya
Sabtu, 15 Juli 2023 14:00
Nabiel Giebran El Ri

OTORIDER - Para pemilik motor mungkin pernah mengalami ketika electric starter sudah dipencet tapi mesin enggak mau menyala. Sehingga, harus menggunakan kick starter untuk menghidupkan motor.

Namun, hal tersebut tentunya menyulitkan bagi motor yang tidak dilengkapi fitur kick starter. Lantas, kira-kira apa penyebab electric starter enggak bisa dipakai?

Andi, salah satu mekanik Suba Motor, Bojong Gede mengimbau untuk mengecek terlebih dahulu kondisi aki, switch starter, dan dinamo starter-nya. “Cek dulu tegangan aki, cek pakai multi tester di bawah 12 volt atau tidak, selanjutnya cek juga switch atau bendik dan dinamo," ucap Andi.

   Baca Juga: Penyebab Rem Tromol Motor Matic Tidak Pakem

Jika kondisi aki dan switch starter berfungsi dengan baik, itu berarti masalahnya dari dinamo starter. "Untuk mengecek kondisi dinamo starter harus dibongkar dulu,” beber Andi.

Setelah dinamo dibongkar, baru terlihat komponen yang aus. "Biasanya arang starter atau brush sudah mulai habis, jadi perlu diganti," pungkasnya. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.