Perlukah Ganti Oli Mesin Motor Matic Sebelum Lakukan Touring?

Perlukah Ganti Oli Mesin Motor Matic Sebelum Lakukan Touring?
Minggu, 8 Januari 2023 06:00
Afrizal Abdul Rahman

Menjelajah suatu tempat dengan menunggangi motor menjadi pilihan banyak orang. Nah, biasanya kegiatan ini dilakukan secara sendirian maupun bersama komunitas motor.

Sebelum melakukan perjalanan jauh, khususnya memakai motor matic, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan. Salah satunya di komponen mesin, seperti mengganti oli sebelum keberangkatan. Ketika hendak melakukan perjalanan jauh, apakah oli mesin motor harus diganti terlebih dulu?

   Baca Juga: Tidak Terlalu Mahal, Segini Biaya Ganti TPS di Motor Injeksi Honda

"Tidak selalu diganti, tergantung jarak yang dihabiskan selama perjalanan hingga pulang," kata Faiz, Pemilik Bengkel Dkutic, Depok kepada OtoRider baru-baru ini.

Beberapa Ciri Oli Mesin Sudah Harus Diganti

Penggantian oli mesin sendiri umumnya didasarkan pada dua indikator, yakni jarak tempuh dan waktu. Menurut Faiz, idealnya bisa mengganti oli ketika melakukan perjalanan yang memang jauh. "Biasanya oli pabrikan itu 2.000 kilometer bisa diganti," ucapnya.

   Baca Juga: Bastianini: Marc Marquez Bukan Tolok Ukur Lagi, Banyak Pembalap Cepat

Khusus motor matic injeksi Faiz menilai oli pasti akan berkurang, baik saat melakukan perjalanan jauh atau dekat. Hal ini dikarenakan suhu di mesin akan mengeluarkan panas yang menyebabkan oli memuai.

"Mau perjalanan jauh pendek itu pasti berkurang, karena memang efek panas yang dihasilkan mesin. Misalnya Yamaha yang sudah diasil silinder, itu suhu di mesin motor ketutup semua jadi panasnya tidak keluar," ujar Faiz.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.