Tidak Terlalu Mahal, Segini Biaya Ganti TPS di Motor Injeksi Honda

Tidak Terlalu Mahal, Segini Biaya Ganti TPS di Motor Injeksi Honda
Rabu, 28 Desember 2022 13:30
Ruslan Abdul Gani

TPS (Throttle Positon Sensor) di motor injeksi memiliki fungsi untuk membaca seberapa besar bukaan katup atau koin yang ada di throttle body. Kemudian, hasilnya dikirim ke ECU. Seiring pemakaian, komponen TPS juga bisa mengalami kerusakan.

Salah satu cirinya mesin motor tidak bisa idle atau susah langsam. "Umumnya langsam motor menjadi terlalu tinggi di atas 1800 rpm, dan juga motor bisa mengalami brebet," ujar Faiz, Pemilik D Kutic, bengkel spesialis motor matic di Beji, Depok, Jawa Barat.

   Baca Juga: Ini Beberapa Ciri TPS di Motor Injeksi yang Mulai Bermasalah

TPS di Motor Injeksi

Jika mengalami ciri tersebut, jangan langsung ganti TPS-nya. "Biasanya saya bersihkan dulu TPS-nya. Kotoran juga bisa jadi penyebab TPS jadi error. Namun, jika sudah dibersihkan masih belum normal, memang harus ganti TPS," ucap Faiz kepada OtoRider.

Lantas, berapa biaya ganti TPS di motor injeksi? Faiz mengatakan harga TPS kepunyaan motor matic Honda orisinal hanya Rp 65 ribu. "Hampir di semua motor matic Honda harganya sama dan pakai satu jenis TPS," jelasnya.

TPS di Motor Injeksi

   Baca Juga: Tak Hanya Kilometer, Ini Patokan Waktu Ganti Busi Motor

Faiz menuturkan untuk biaya pemasangan sebesar Rp 45 ribu. "Harga tersebut bukan hanya sekadar buka TPS, tetapi sekaligus servis throttle body. Itu sudah termasuk dibersihkan dengan cairan cleaner bagian throttle body dengan cara dibongkar total. Setelah itu dilakukan reset pakai alat scanner supaya sensor-sensor yang error kembali normal kembali," terangnya.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.