Posisi Tangki di Bawah, Yamaha Grand Filano Aman Lewati Banjir?

Posisi Tangki di Bawah, Yamaha Grand Filano Aman Lewati Banjir?
Kamis, 16 Februari 2023 16:15
Ruslan Abdul Gani

PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) resmi meluncurkan Grand Filano Hybrid-Connected beberapa waktu lalu. Motor ini menawarkan fitur beragam salah satunya Smart Front Refuel yang membuat pengisian bahan bakar lebih praktis tanpa harus membuka jok.

Kapasitas tangki Yamaha Grand Filano Hybrid-Connected bisa menampung sebanyak 4,4 liter. Posisi tangkinya sendiri berada di bawah dek pijakan kaki. Melihat posisinya yang berada di bawah, timbul pertanyaan apakah aman jika melewati genangan air atau banjir saat musim penghujan?

   Baca Juga: Amankah Motor Listrik Konversi Melewati Banjir?

Amankah Tangki Grand Filano Terkena Banjir

Ferry Nurul Fajar selaku Tim Technical & Education YIMM menjelaskan meski posisi tangki Grand Filano ada di bawah, tetapi masih aman jika terkena air atau banjir. "Tangki tetap aman apabila terendam air saat melewati genangan atau banjir, air tidak akan masuk ke dalam tangki," ujar Ferry di acara bedah fitur dan teknologi Yamaha Grand Filano di Jakarta.

Ferry mengatakan air tidak akan masuk bercampur dengan bahan bakar karena sudah didesain dengan perhitungan yang matang. "Kami memang sudah mendesain bagian tangki dengan cover tambahan yang sangat rapat, sehingga area ini akan terjadi kevakuman dan tidak akan kemasukan air, bagian soket kelistrikan fuel pump juga sudah dilapisi dengan lem karet jadi aman dari air," ucap Ferry.

Amankah Tangki Grand Filano Terkena Banjir

   Baca Juga: Punya Ukuran Serupa, Bisakah Upgrade Ban di Yamaha Grand Filano?

Ferry juga mengimbau meski tangki aman saat melewati banjir, tetapi ada batas maksimal ketinggian air. "Batas maksimal saat melewati genangan atau banjir itu ada di lubang knalpot. Jika sudah lebih dari itu sebaiknya jangan diterobos, karena bisa membahayakan komponen mesin dan kelistrikan lain," jelasnya.

Jadi, meski posisi tangki Grand Filano ada di bagian bawah, masih aman jika melewati genangan atau banjir, tapi ada batas maksimal ketinggian airnya. 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.