Tensioner Yamaha NMax Rusak? Segini Biaya Gantinya

Tensioner Yamaha NMax Rusak? Segini Biaya Gantinya
Kamis, 5 Januari 2023 17:00
Ruslan Abdul Gani

Penyakit yang sering timbul di Yamaha NMax lama yaitu muncul suara kasar dari bagian mesin. Hal itu umumnya disebabkan oleh kondisi tonjokan tensioner yang sudah melemah atau rusak.

Tensioner yang sudah melemah tidak bisa menekan lidah tensioner dengan baik, makanya timbul suara kasar. Tensioner memang berfungsi menekan rantai keteng agar selalu dalam kondisi tegang.

   Baca Juga: Electric Starter Motor Rusak, Komponen Ini Bisa Jadi Penyebabnya

Tensioner Yamaha NMAX

"Menurut pengalaman saya penyakit pada tensioner NMax memang sering terjadi, sudah beberapa kali menanganinya. Terutama pada Yamaha NMax generasi awal," ujar Faiz, Pemilik D Kutic, bengkel spesialis motor matic di Beji, Depok, Jawa Barat. 

Kerusakan pada tensioner atau tonjokan keteng ini biasanya ditandai dengan per yang ada di bagian dalamnya patah. "Biasanya per di dalam patah, sehingga tensioner tidak bisa menekan lidah keteng lagi dan rantai pun kendur," ucap Faiz kepada OtoRider.

Tensioner Keteng dan Kantai Keteng

Jadi, solusi supaya mesin tidak menimbulkan suara kasar lagi yaitu dengan cara mengganti part tensionernya. Lantas, berapa biaya yang diperlukan untuk ganti tensioner di Yamaha NMax? "Biasanya untuk yang orisinal itu sekitar Rp 115 ribu, itu harga part-nya saja. Kalau ongkos pasangnya cuma Rp 30 ribu saja," jelasnya.

   Baca Juga: Jangan Langsung Diganti! Ini Cara Deteksi Kerusakan Tensioner Yamaha NMax

Lebih lanjut, Faiz menuturkan penyakit ini tidak hanya terjadi pada Yamaha NMax saja. Namun, juga pada motor matic Yamaha lain seperti Lexi.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.