Ternyata Ini Penyebab Knalpot Motor Mengeluarkan Asap Putih

Ternyata Ini Penyebab Knalpot Motor Mengeluarkan Asap Putih
Kamis, 6 Juli 2023 15:30
Ruslan Abdul Gani

Knalpot motor pada jenis mesin 4-Tak normalnya tidak mengeluarkan asap putih. Namun, ada yang mengalami knalpot motornya keluar asap putih ketika mesin dihidupkan. 

Lantas, apa yang menjadi penyebab knalpot bisa mengeluarkan asap putih?

   Baca Juga: Mau Potong Rantai Motor? Segini Patokannya

Penggantian Oli Mesin di Motor

Ayi Kurnia selaku Service Advisor Yamaha Putra Agung Ciganjur, Jakarta Selatan menjelaskan jika knalpot motor 4-Tak mengeluarkan asap berwarna putih, berarti menandakan ada kerusakan di bagian dalam mesin.

"Asap putih itu berasal dari oli mesin yang ikut terbakar di ruang bakar. Pada motor 4-Tak dalam kondisi normal tidak masuk ke ruang bakar," ujar Ayi saat ditemui OtoRider.

Ayi menjelaskan ada beberapa kemungkinan yang menjadi penyebab oli bisa masuk ke ruang bakar, salah satunya seal klep mulai rusak. "Kondisi seal klep sudah mengeras atau parahnya sobek, sehingga oli bisa masuk melewati bushing klep," ucap Ayi.

Telat Ganti Oli Mesin

   Baca Juga: Awas! Begini Efeknya Jika Sering Telat Ganti Oli Mesin Motor

Selain itu, kerusakan pada komponen lain juga bisa jadi penyebab knalpot keluar asap putih. "Kondisi silinder piston dan piston yang baret juga bisa bikin knalpot keluar asap putih," jelasnya.

Kemudian, kondisi ring piston yang sudah melemah juga bisa menjadi indikasi. "Oli tidak bisa tertahan sama ring piston yang sudah mulai melemah, lalu masuk ke ruang bakar dan terbakar," terangnya.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.