Mau Potong Rantai Motor? Segini Patokannya

Mau Potong Rantai Motor? Segini Patokannya
Senin, 3 Juli 2023 23:55
Nabiel Giebran El Ri

Komponen yang ada pada motor pasti memiliki batas usia pakai untuk dilakukan penggantian. Begitu juga seperti komponen rantai dan gear, yang punya tugas menyalurkan tenaga dari mesin ke roda belakang.

Seiring pemakaian, biasanya rantai motor bakal kendur alias molor, apalagi jika setelannya sudah maksimal. Selain dengan mengganti baru, banyak juga para pemilik motor yang memotong mata rantai agar kembali kencang.

   Baca Juga: Enea Bastianini Yakin Bangkit di Paruh Kedua MotoGP 2023

"Memang biasanya kalau potong rantai itu tujuannya agar mendapatkan setelan ketegangan rantai yang sesuai," buka Andi, salah satu mekanik Suba Motor, Bojong Gede.

Tapi, hal ini tak bisa sembarangan dilakukan, karena ada batasnya.

Rantai dan gear motor

   Baca Juga: Bolehkah Ganti Rantai Motor Saja Tanpa Gear? Ini Jawabannya

"Kalau rantai sudah pernah dipotong, sebaiknya jangan lebih dari tiga kali potongnya. Karena kalau lebih dari tiga kali, kekuatan dari rantai tersebut akan berkurang dan berisiko putus saat digunakan,” pungkasnya.

Selain itu, pastikan klip sambungan rantai terpasang dengan baik. Dilihat dari gerak rantai, posisi klip yang terbuka harus berlawanan arah gerak rantainya. Tujuan hal tersebut adalah agar klip tidak gampang copot.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.