Tips Berkendara Saat Libur Lebaran, Simak 2 Kondisi Ini!

Tips Berkendara Saat Libur Lebaran, Simak 2 Kondisi Ini!
Minggu, 23 April 2023 23:55
Thio Pahlevi

Motor masih menjadi primadona bagi masyarakat untuk menunjang aktivitas berkendara sehari-hari, terlebih saat menikmati momen libur Lebaran saat ini. Selain berkunjung ke rumah keluarga, motor juga bisa dipakai untuk menyambangi lokasi wisata. Namun, sebelum berkendara menggunakan motor, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh pengendara.

Muhamad Arief selaku Instruktur Yamaha Riding Academy (YRA) PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) pun membagikan beberapa tips berkendara motor saat libur Lebaran. Menurutnya, terdapat dua kondisi yang perlu diperhatikan oleh pengendara.

   Baca Juga: Cek Kondisi CVT Vespa Matic Jelang Libur Lebaran, Periksa 2 Hal Ini!

Menurut Arief, pertama adalah perhatikan kondisi kendaraan. Cek kondisi motor, standar alur ban, dan tekanan angin. Lalu, periksa kondisi rem serta pastikan berfungsi dengan baik. Kemudian cek juga kondisi aki, lampu-lampu, dan sistem kelistrikan.

Yamaha XMAX Connected

Pengecekan motor sebelum perjalanan perlu dilakukan agar pengendara tenang dan nyaman saat berkendara jarak jauh. Disarankan melakukan pengecekan dan manfaatkan diskon atau potongan harga di bengkel resmi Yamaha.

Selain kondisi kendaraan, perhatikan juga kondisi fisik pengendara. Jalanan yang padat berpotensi mengurangi konsentrasi saat berkendara. Oleh karena itu, kondisi fisik harus dipersiapkan dengan matang.

Yamaha Gear 125

   Baca Juga: Waspada! Ini Tanda dan Lokasi Jalanan yang Berpotensi Rawan Kecelakaan

Lakukan peregangan otot sebelum perjalanan. Jangan lupa makan makanan bergizi dan konsumsi vitamin jika perlu. Bawa obat-obatan pribadi dan nomor darurat guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Tidur cukup sebelum perjalanan juga akan membantu menjaga kondisi tubuh dan menghindari kelelahan.

"Libur Lebaran banyak dimanfaatkan oleh masyarakat untuk melakukan perjalanan jauh. Oleh karena itu, kondisi fisik harus selalu prima. Menjaga konsentrasi saat berkendara sangat penting, agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Kondisi kendaraan juga harus dipastikan siap untuk digunakan perjalanan jauh," ucap Arief.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.