Tips Perawatan Speedometer Digital Motor, Apa yang Perlu Diperhatikan?

Tips Perawatan Speedometer Digital Motor, Apa yang Perlu Diperhatikan?
Jumat, 13 Januari 2023 10:00
Afrizal Abdul Rahman

Panel instrumen atau sering dikenal sebagai speedometer merupakan salah satu komponen penting pada motor. Di sana, tersedia berbagai informasi seputar kondisi motor. Serupa dengan komponen mesin, panel instrumen juga memerlukan perawatan secara berkala. Lantas, bagaimana caranya?

"Speedometer digital itu sering sekali mengalami sunburn, salah satu penyebabnya paparan sinar matahari langsung," kata Budiman, Service Advisor Yamaha Harapan Motor Beji, Depok, Jawa Barat.

   Baca Juga: Perbedaan Varian Standard dan Tech MAX di Yamaha XMAX 2023

Ia mengatakan, beberapa motor keluaran terbaru memang hadir dengan speedometer yang mengarah ke sinar matahari. Untuk itu, memilih tempat parkir yang lebih teduh menjadi pilihan utama.

XMAX 2022

Dikutip dari berbagai sumber, speedometer digital yang terpapar sinar matahari langsung bisa merusak LCD. Alhasil, filter polarizer akan mudah rusak, bahkan redup.

   Baca Juga: Yamaha Bakal Luncurkan Tim Balap MotoGP 2023 di Jakarta Bulan Ini

Langkah lain yang bisa dilakukan untuk merawat speedometer selain memarkir di tempat teduh ialah melapisinya dengan plastik film. Tujuannya guna melindungi paparan sinar matahari langsung.

Beberapa produk aftermarket juga telah menyediakan kaca film khusus kendaraan dengan harga yang bervariasi. Kaca film pun bermanfaat agar speedometer digital tak mudah tergores.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.