Waktu Ideal Memanaskan Motor, Jangan Lama-Lama!

Waktu Ideal Memanaskan Motor, Jangan Lama-Lama!
Selasa, 4 Juli 2023 14:00
Nabiel Giebran El Ri

Memanaskan mesin motor menjadi salah satu hal yang cukup sering dilakukan. Aktivitas ini bertujuan untuk memastikan oli dapat bekerja melumasi semua komponen yang berada di dalam mesin. Akan tetapi, memanaskan motor ternyata tidak boleh dilakukan terlalu lama.

“Tidak boleh lama-lama. Hal ini karena tidak adanya pendinginan dari luar, sehingga bisa membuat mesin, knalpot, dan part lainnya punya panas berlebihan,” ujar Indra Gunawan, Service Advisor Yamaha Kurnia Jaya Motor Sukahati.

   Baca Juga: Ingin Perpanjang SIM di Depok Hari Ini? Cek Jadwal dan Lokasinya

Selain itu, memanaskan motor dalam waktu yang lama juga bisa berisiko merusak komponen lainnya seperti lampu. Motor keluaran baru biasanya sudah memakai teknologi AHO (Automatic Headlight On).

Mesin motor

“Lampu yang menyala akan menghasilkan energi panas, kalau energi panas yang dihasilkan oleh lampu tidak dibuang, maka akan merusak lampu,” tambah Indra.

Oleh sebab itu, motor harus bergerak agar terdapat proses sirkulasi udara, sehingga area sekitar lampu menjadi tidak terlalu panas.

   Baca Juga: Harga Yamaha NMax Bekas Keluaran 2020 Tembus Rp 20 Jutaan

“Jika terlalu lama dipanaskan dan motor hanya dalam keadaan diam, kan lampunya makin panas karena enggak ada sirkulasi pendinginan, nanti mika lampunya bisa jadi meleleh,” ungkap pria asal Sukabumi ini.

Adapun bagian lain yang juga bisa terkena dampak dari proses memanaskan motor yang terlalu lama adalah leher knalpot. "Kalau memanaskan terlalu lama, bagian knalpot akan menjadi cepat kekuningan," kata Indra.

Jadi, berapa lama waktu yang ideal untuk memanaskan motor? "Idealnya sih, hanya butuh dua hingga tiga menit. Jadi tak perlu terlalu lama," pungkas Indra.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.