Perlukah Lakukan Engine Flush pada Motor?

Perlukah Lakukan Engine Flush pada Motor? Engine Flush pada motor.
Kamis, 8 Februari 2024 21:00
Thio Pahlevi

OTORIDER - Perawatan motor secara berkala tentunya bisa menjaga performa tetap optimal. Salah satu perawatan yang perlu dilakukan adalah mengganti pelumas atau oli mesin sesuai rekomendasi. Keterlambatan mengganti oli sendiri bisa menyebabkan beberapa hal, antara lain yaitu penumpukan residu di komponen mesin.

Dhany Ekasaputra selaku Manager Promosi PT Autochem Industry mengatakan mengganti oli mesin saja pada motor belum cukup dan memerlukan perawatan tambahan. Menurutnya, beberapa pemilik motor masih lalai dalam mengganti oli mesin, sehingga berdampak pada tumpukan residu di komponen dalam mesin.

"Ganti oli secara rutin merupakan salah satu perawatan untuk mesin kendaraan. Namun untuk menjaga performa mesin, perlu ada ritual tambahan agar kinerja mesin tetap terjaga. Untuk itulah diperlukan ritual tambahan agar residu tidak menumpuk di dalam mesin. Penggunaan engine flush setiap 2–3 kali penggantian oli mesin menjadi solusi terbaik," kata Dhany.

Dhany menambahkan, terlepas dari apapun mereknya, poin terpenting dari penggunaan engine flush adalah patuh terhadap waktu penggunaan. "Seperti Master Oil System Cleaner yang memerlukan waktu 15 menit mesin dalam keadaan hidup, sebelum pelumas diganti. Jika tidak, risiko baret pada dinding silinder akan lebih mudah terjadi akibat tidak terlindungi oleh pelumas mesin," ucapnya.

Dhany mengatakan, pemilik kendaraan bisa melakukan treatment tambahan usai mengganti oli. Di antaranya adalah penggunaan Master Metal Treatment yang bertujuan agar logam antar komponen bergerak dibuat lebih licin lagi dengan Nano Ceramic Technology.

Selain itu, terdapat Master Petrol Injector Cleaner. Produk ini berfungsi membersihkan seluruh sistem bahan bakar kendaraan mulai dari tangki, pompa, pipa maupun selang, hingga injektor ataupun karburator dan ruang bakar. Tujuannya mengembalikan performa kendaraan, memperbaiki konsumsi bahan bakar, dan membantu menghilangkan kandungan air pada tangki bahan bakar. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.