Sering Jadi Pertanyaan, Perlukah Inreyen pada Motor Modern?

Selasa, 10 September 2024 09:00
Gemilang Isromi Nuar

Inreyen adalah tahap awal perawatan motor baru yang harus dilakukan oleh pemilik kendaraan. Proses ini biasanya mencakup dua aspek utama.

Sering Jadi Pertanyaan, Perlukah Inreyen pada Motor Modern? Serah terima Yamaha NMax Turbo Tech Max Ultimate ke konsumen pertama.

OTORIDER - Bagi pemilik motor baru penting untuk mengikuti panduan inreyen yang benar setelah membeli kendaraan. Meskipun tampaknya sederhana, inreyen memiliki peran krusial dalam memastikan kinerja optimal dan umur panjang motor.

Inreyen adalah tahap awal perawatan motor baru yang harus dilakukan oleh pemilik kendaraan. Proses ini biasanya mencakup dua aspek utama, yakni pemeriksaan teknis dan perawatan berkala. Inreyen bertujuan memastikan bahwa motor berfungsi dengan baik setelah penggunaan awal dan tidak mengalami masalah yang dapat merusak performa mesin.

Namun, yang menjadi pertanyaan adalah dengan semakin berkembangnnya teknologi, apakah sepeda motor modern masih membutuhkan inreyen?

Menurut Service Education PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Ferry Nurul Fajar, Yamaha masih menerapkan masa inreyen, dalam hal ini Otorider menanyakan tentang Nmax Turbo. "Untuk motor baru kita ada pemeriksaan masa inreyen, dan bisa claim garansi mesin tiga tahun, atau diasil dan forged piston lima tahun," ujar Ferry saat dihubungi Otorider.

Melakukan inreyen dengan benar tidak hanya memastikan motor baru berfungsi dengan baik, tetapi juga membantu Anda menghindari biaya perbaikan yang tidak perlu di kemudian hari. "Masa inreyen berlaku saat motor diterima sampai 1.600 km. Pada periode tersebut, motor jangan sering digeber dan ganti oli saat mencapai 1.000 km," papar Ferry.

"Kalau sering geber, gesekan berlebihan bisa terjadi, sehingga partikel besi kecil bersirkulasi dengan oli dan membuat baret," tambah Ferry.

Mengapa Inreyen Penting?

Pencegahan Masalah Teknis

Mesin motor baru perlu dioptimalkan agar semua komponen berfungsi dengan baik. Proses inreyen membantu mendeteksi masalah awal seperti kebocoran oli atau sistem pendingin yang tidak berfungsi dengan baik sebelum masalah tersebut berkembang menjadi kerusakan serius.

Meningkatkan Performa Mesin

Inreyen membantu memastikan bahwa mesin beroperasi dalam kondisi terbaiknya. Ini termasuk pemeriksaan sistem pelumasan, sistem bahan bakar, dan bagian-bagian penting lainnya untuk meningkatkan efisiensi dan kinerja.

Memperpanjang Umur Kendaraan

Dengan mengikuti prosedur inreyen, pemilik motor dapat menghindari kerusakan dini dan memperpanjang umur kendaraan. Perawatan awal yang tepat dapat mengurangi kebutuhan perbaikan besar di masa depan. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.