Tips Menghindari Kerusakan pada Motor dengan Kunci Torsi

Rabu, 11 September 2024 08:00
Gemilang Isromi Nuar

Kunci torsi atau kunci momen sendiri adalah alat yang dirancang khusus untuk mengencangkan atau melonggarkan baut dan mur.

Tips Menghindari Kerusakan pada Motor dengan Kunci Torsi Kunci torsi.

OTORIDER - Beberapa baut pada komponen tertentu, terutama mesin harus dikencangkan menggunakan kunci torsi untuk memastikan kekencangan yang optimal. Tanpa penggunaan alat ini, baut mungkin tidak akan terpasang dengan baik, yang dapat berdampak pada performa motor.

Kunci torsi atau kunci momen adalah alat yang dirancang khusus untuk mengencangkan atau melonggarkan baut dan mur. Kunci ini memiliki kekuatan yang dapat diatur secara akurat dan memastikan setiap baut atau mur dikencangkan sesuai dengan spesifikasi pabrik.

Kunci
Kunci torsi.

Menurut Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM), Sarwono Edi, jika komponen motor tidak dikencangkan dengan kunci torsi, terutama pada bagian mesin atau as roda, berbagai masalah bisa timbul. "Efeknya bisa berupa kekenduran, terutama karena motor dapat mengalami getaran tinggi bisa berakibat pada kecelakaan atau kerusakan motor," kata Edi saat ditemui Otorider beberapa waktu lalu.

Kunci
Penjelasan mengenai kunci torsi.

Dampak lainnya menurut Edi, bisa menyebabkan baut mendapatkan kekencangan yang berlebihan serta membuat baut sulit untuk dibuka. "Baut kekencangan tidak bisa dibuka itu overtorque. Biasanya dikencangan langsung dengan impact, tidak diukur dengan alat. Biasanya agar lebih cepat kerjanya," kata Edi.

Impact sendiri merupakan alat yang digerakkan dengan tenaga udara atau listrik, yang dipakai guna mengencangkan atau melepaskan baut dan mur, atau untuk pengeboran. "Untuk penggunaan impact saya hanya menggunakan saat mengendurkan baut, buat mengencangkan saya pakai kunci torsi," papar Edi. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.