GIIAS 2017: Bijak Memilih Motor, Jangan Abaikan Hal Berikut

GIIAS 2017: Bijak Memilih Motor, Jangan Abaikan Hal Berikut
Minggu, 13 Agustus 2017 08:05
Yulian Lahardi

Dalam memilih kendaraan baru, jangan sampai gegabah lantaran sekadar ‘cinta di pandangan pertama’ saja, tetapi juga ada banyak hal yang tidak boleh diabaikan. “Banyak aspek yang harus diperhatikan ketika membeli motor baru, apalagi di GIIAS banyak pilihan dengan ragam penawaran pembelian yang bisa membuat calon pembeli bingung dan kerap mengabaikan rencana awal,” jelas Apong Arfiansyah, praktisi marketing dari PT. Ahza Global Strategis, perusahaan jasa konsultan marketing & IT di kawasan Cilandak, Jakarta Selatan.

Mantan Deputy GM PT Tata Motors Indonesia ini pun memberikan sejumlah saran berdasarkan pengalamannya di dunia marketing. “Sebaiknya dipertimbangkan dari awal untuk apa motor tersebut dibeli, apakah sekadar untuk operasional, atau memenuhi kebutuhan turing dan performa semata,” jelas Apong. Masih menurutnya, dengan begitu, calon pembeli akan mengetahui jenis motor yang akan dipilih, mulai dari jenis bebek atau skutik, hingga sport. “Sehingga ketika sampai di acara GIIAS, bisa fokus terhadap pilihannya,” terang pria yang juga mantan Marketing Manager PT. Bajaj Auto Indonesia ini.

Nah, setelah menimbang aspek jenis kendaraan, selanjutnya, calon pembeli bisa menakar kemampuan dari segi finansial atau cicilan. “Jangan lupa meminta hitungan dari para sales untuk pilihan masa pinjaman atau tenor,” ungkap Apong. Katanya lagi, hal ini menjadi sangat penting lantaran jangan sampai customer masuk dalam kelompok kredit macet atau bermasalah di kemudian hari.

Berikutnya yang tidak kalah penting adalah melakukan komparasi fitur kenyamanan dan keselamatan untuk motor yang sejenis dan harganya hampir sama. “Jangan lupa mempertimbangkan kekuatan merek karena biasanya akan mempengaruhi usia keberadaan merek tersebut di Indonesia. Selain itu, kekuatan merek juga mempengaruhi penyebaran jaringan aftersales service serta ketersediaan spare parts,” bilang Apong.

Masih menurutnya, tidak kalah penting adalah membandingkan  program penjualan yang ditawarkan antara di GIIAS dengan dealer-dealer di luar acara GIIAS. “Bisa jadi lebih menarik program penjualan motor di luar GIIAS,” papar Apong lagi.

 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.