Perawatan Rutin Motor Listrik dan Bensin, Apa Bedanya?

Perawatan Rutin Motor Listrik dan Bensin, Apa Bedanya?
Kamis, 8 Juni 2017 12:00
Ilham Pratama

Hadirnya skuter listrik Viar Q1 menjadi babak baru dalam industri sepeda motor Tanah Air. Hal ini juga menimbulkan tanya mengenai perawatan motor tersebut. Apakah berbeda dari motor bermesin bensin?

Langsung dijawab oleh Sutjipto Admotjo, Direktur Triangle Motorindo produsen Viar disela peluncuran (6/6). "Tak ada perawatan mesin, karena motor ini memang tak punya komponen yang ada di mesin biasa. Tidak ada piston, transmisi, atau kruk as. Jadi bisa dibilang perawatannya lebih sederhana," urainya.

Ya, pada motor listrik juga tak membutuhkan oli untuk membantu sistem pelumasan dan tak ada gas buang yang menghasilkan polusi udara layaknya motor bensin.

Sedangkan komponen yang perlu mendapat perawatan menurutnya lebih pada komponen fast moving. Seperti ban dan kampas rem. Di mana Q1 memakai ban Deli Tyre berdimensi 90/90-10 inci. Serta rem cakram di kedua roda.

Selain itu, peranti kelistrikan juga wajib dicek kondisinya. Terutama sumber tenaga, yaitu baterai yang diklaim memiliki ketahanan sekitar 600-800 cycles atau setara 2-3 tahun. (otorider.com)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.