Masukan kata kunci yang ingin Anda cari pada kotak diatas.

Tentang Kami
Disclaimer Hubungi Kami Info Iklan Karir Peraturan Media Siber Redaksi Tentang Otorider Privacy Policy
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
redaksi@otorider.com (Redaksi)
marketing@otorider.com (Marketing)
Member of :
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.

Maestro Otomotif Soebronto Laras Telah Berpulang, Motor Ini Tak Akan Lepas dari Ingatan

Jumat, 22 September 2023
Benny Averdi

Di awal mengembangkan PT Indomobil, motor-motor ini yang menjadi garda terdepannya.

Suzuki A100

OTORIDER -  Komisaris sekaligus Bapak Suzuki Indonesia, Soebronto Laras telah berpulang kehadirat Tuhan Yang Maha Esa pada Rabu, 20 September 2023 di usia 79 tahun.

"Semoga kepergian beliau meninggalkan banyak cerita dan kesan yang baik bagi keluarga besar Suzuki serta rekan-rekan Media," ungkap Zulfikar Rafy Al Gani, Public Relation PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) melalui pesan elektronik saat dihubungi OtoRider.

Soebronto Laras lahir pada 5 Oktober 1943 di Jakarta. Sejak kecil, ia sudah menunjukkan ketertarikannya pada dunia otomotif. Selain mengisi waktu senggangnya menjadi pembalap motor pada masa remaja, beliau memulai keseriusannya terhadap dunia otomotif dengan melanjutkan studi rekayasa mesin di Paisley College for Technology, Inggris.

Suzuki FR70

Masih ingatkah dengan Suzuki A100 tersebut? Motor itu masuk ke pasar Indonesia pada 1973. Ketika itu, A100 diproduksi Suzuki Motor Co. Ltd. di Hamamatsu, Jepang dan diimpor ke tanah air oleh PT Indohero Steel & Engineering Co.

Dapur pacu Suzuki A100 didukung mesin 2-Tak 98cc dengan daya puncak 9,3 dk pada 7.500 rpm. Kecepatan maksimum yang mampu ditempuh motor ini dikabarkan bisa mencapai 100 km per jam.

Satu lagi motor yang menjadi awal Suzuki Indonesia menancapkan kukunya di tanah air adalah FR70. Jika A100 merupakan 'motor laki', FR70 adalah motor 'bebek' pertama pabrikan berlambang S itu di Indonesia.

Suzuki FR70 pertama kali diperkenalkan pada 1973, bersamaan dengan A100. Namun, baru dipasarkan setahun berikutnya oleh PT Indohero Steel & Engineering Co hingga era 1980-an.

Mesin dari nenek moyang bebek Suzuki ini memiliki kapasitas 69cc. Meski kapasitasnya mirip, namun rival saat itu menggunakan mesin 4-Tak, yaitu Honda C70. Dengan transmisi semi-otomatik, Suzuki FR 70 dibekali girboks tiga percepatan.

Suzuki FR70 menggunakan mesin 2-Tak dengan katup rotari yang menghasilkan tenaga maksimum 6,8 dk pada 5.500 rpm serta torsi 8,04 Nm pada 4.500 rpm. (*)

Tag
Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Ikuti Channel kami pada tombol dibawah ini.

Trending

#1

Apakah Subsidi Motor Listrik Berlanjut di Era Prabowo?

#2

Jelang Purnatugas, Jokowi Bawa Pulang Dua Motor Kustomnya

#3

Aldi Satya Siap Cetak Sejarah Juara Dunia WSSP300 2024

#4

Honda CBR150R 2024 Tanpa Livery MotoGP, Segini Harganya

#5

Intip Tiga Tipe Motor Listrik Sunra, Mulai Rp 14 Jutaan

Terbaru

Sport | 2 jam yang lalu

Yamaha Jupiter, Motor Belajar Pertama Juara Dunia Aldi Satya

Dengan kombinasi antara ketekunan di latihan dan semangat juang di balapan, Aldi menunjukkan bahwa karakter dan disiplin adalah kunci menuju kesuksesan.

Berita | 4 jam yang lalu

Yamaha MT-07 2025 Meluncur, Ada Versi Tanpa Kopling

Motor baru Yamaha tengah rutin dirilis. Selepas sport fairing Yamaha YZF-R9 dan YZF-R3, kini ada naked bike baru Yamaha MT-07 2025.

Sport | 22 jam yang lalu

Baru Meluncur, Bimota KB998 Siap Jadi Ancaman di WSBK 2025

Test pra-musim resmi WSBK 2025 sudah dimulai pekan ini di sirkuit Jerez, Spanyol. Ada jenama yang membuat publik penasaran akan performanya yakni Bimota.

Motor Listrik | 22 jam yang lalu

Terungkap! Ini Arti Nama Motor Listrik Honda CUV e:

Honda CUV e: menawarkan solusi yang menarik bagi mereka yang mencari kendaraan listrik yang efisien dan ramah lingkungan.

Berita | 22 jam yang lalu

Daftar Harga Lima Varian Motor Trail Kawasaki KLX 150

Kawasaki KLX 150 menawarkan berbagai kebutuhan pengendara, dari pemula hingga yang lebih berpengalaman. Setiap tipe memiliki keunggulan dan fitur tersendiri.

Beranda Trending Motor Listrik