Masukan kata kunci yang ingin Anda cari pada kotak diatas.

Tentang Kami
Disclaimer Hubungi Kami Info Iklan Karir Peraturan Media Siber Redaksi Tentang Otorider Privacy Policy
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
redaksi@otorider.com (Redaksi)
marketing@otorider.com (Marketing)
Member of :
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.

Yamaha YZF-R9 2025 Jadi Motor Balap Aldi, Masuk Indonesia?

Kamis, 24 Oktober 2024
Ilham Pratama

Di balapan WSS musim 2025, motor balap Yamaha YZF-R6 akan berganti menjadi Yamaha YZF-R9 2025 yang baru meluncur awal Oktober ini. Bakal masuk ke Indonesia?

Yamaha R9 2025. (Foto: Yamaha)

OTORIDER - Mulai musim balap 2025, Yamaha akan memakai motor baru di ajang World Supersport (WSS). Bukan lagi YZF-R6 seperti musim ini, namun berganti menjadi Yamaha YZF-R9 (Yamaha R9) 2025 yang baru meluncur awal Oktober lalu.

Bahkan, Yamaha Racing sendiri mengumumkan tampilan YZF-R9 versi balap pada seri penutup WSBK 2024 di Jerez, Spanyol akhir pekan lalu. Stefano Manzi sebagai pembalap tim pabrikan Pata Yamaha Ten Kate Racing akan menggunakan motor tersebut.

Selain itu, motor ini bakal digeber oleh pembalap Indonesia, Aldi Satya Mahendra yang sukses merebut gelar juara dunia WSSP300 musim ini. Pembalap binaan Yamaha Indonesia itu pun bakal naik kelas ke World Supersport musim depan.

Tak ingin tanggung, dalam pengembangannya motor ini digarap oleh Yamaha Motor Europe Motorsport Research & Development. Termasuk urusan body parts yang wajib aerodinamis.

Motor supersport anyar ini punya winglet lebih besar dari R6. Kemudian, airdam bersudut kaku di depan. Secara tampilan, Yamaha R9 balap punya kesan yang lebih ramping dibanding saudaranya tersebut.

Pada versi standarnya, Yamaha R9 sudah dibekali rem depan Brembo Stylema dan cakram 320 mm. Ada pula panel instrumen TFT full color 5 inci. Lalu, tertanam fitur penunjang handling sekelas IMU 6 axis, lengkap dengan Slide Control System, anti-wheelie, dan sebagainya.

Di Eropa, Yamaha R9 dijual dengan banderol 12.250 Euro atau setara Rp 210 jutaan. Tentu bakal melonjak karena pajak, jika masuk ke sini. Lalu, apakah Yamaha Indonesia minat menghadirkannya ke tanah air?

PR Manager PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Rifki Maulana mengatakan jika saat ini pihaknya belum berencana kembali merilis motor besar atau moge di Indonesia. Hal ini terkait regulasi motor di tanah air.

"Yang pasti kita kan harus homologasi ya. Kalau sekarang (CBU) ada YZ, tapi kan off-road ya, jadi enggak ada onroad. Kesulitannya (masukan moge) ada di regulasi Indonesia. Harus disertifikasi dulu dan nanti kembali lagi, tergantung manajemen," urainya pada Otorider di Makassar, Sulawesi Selatan beberapa waktu lalu. (*)

Tag
Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Ikuti Channel kami pada tombol dibawah ini.

Trending

#1

Apakah Subsidi Motor Listrik Berlanjut di Era Prabowo?

#2

Jelang Purnatugas, Jokowi Bawa Pulang Dua Motor Kustomnya

#3

Aldi Satya Siap Cetak Sejarah Juara Dunia WSSP300 2024

#4

Honda CBR150R 2024 Tanpa Livery MotoGP, Segini Harganya

#5

Intip Tiga Tipe Motor Listrik Sunra, Mulai Rp 14 Jutaan

Terbaru

Sport | 3 jam yang lalu

Baru Meluncur, Bimota KB998 Siap Jadi Ancaman di WSBK 2025

Test pra-musim resmi WSBK 2025 sudah dimulai pekan ini di sirkuit Jerez, Spanyol. Ada jenama yang membuat publik penasaran akan performanya yakni Bimota.

Motor Listrik | 3 jam yang lalu

Terungkap! Ini Arti Nama Motor Listrik Honda CUV e:

Honda CUV e: menawarkan solusi yang menarik bagi mereka yang mencari kendaraan listrik yang efisien dan ramah lingkungan.

Berita | 3 jam yang lalu

Daftar Harga Lima Varian Motor Trail Kawasaki KLX 150

Kawasaki KLX 150 menawarkan berbagai kebutuhan pengendara, dari pemula hingga yang lebih berpengalaman. Setiap tipe memiliki keunggulan dan fitur tersendiri.

Sport | 3 jam yang lalu

Yamaha Terus Dukung Aldi Satya Mahendra di WorldSSP 2025

Dengan dukungan kuat dari Yamaha dan tekad yang membara, Aldi Satya Mahendra siap menulis babak baru dalam karir balapnya.

Tips & Modifikasi | 3 jam yang lalu

Kapan Waktu yang Tepat untuk Ganti V-Belt pada Motor Matic?

Penting bagi pemilik motor untuk melakukan pemeriksaan secara berkala dan disarankan untuk selalu waspada terhadap tanda-tanda keausan pada V-belt.

Beranda Trending Motor Listrik