Masukan kata kunci yang ingin Anda cari pada kotak diatas.

Tentang Kami
Disclaimer Hubungi Kami Info Iklan Karir Peraturan Media Siber Redaksi Tentang Otorider
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
redaksi@otorider.com (Redaksi)
marketing@otorider.com (Marketing)
Member of :
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.

Universitas Budi Luhur Luncurkan Motor Sport Listrik BL-SEV01

Kamis, 14 Januari 2021
Brian

Universitas Budi Luhur (UBL) kembali menggebrak dunia otomotif dengan menghadirkan motor listrik terbarunya yakni BL-SEV01. Uniknya, motor listrik ini dibangun dengan bentuk sebuah motor sport lengkap dengan fairing-nya yang tampil futuristis. Tak hanya tampilannya yang sporty, tetapi dari segi kemampuannya juga bisa memberikan performa yang tinggi.

Wendi Usino selaku Rektor Universitas Budi Luhur menyampaikan rasa bangganya dengan BL-SEV01. Dirinya menyebutkan karya motor listrik ini bukanlah yang pertama. Sebelumnya Budi Luhur telah membuat beberapa mobil listrik dan motor listrik.

   Baca Juga: All New CBR150R Punya Upside Down, Bisa Dipasang Di Model Lama?

Wendi menyebutkan motor listrik BL-SEV01 ini dibangun dengan kolaborasi dan kerjasama antara Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia dan Katros Garage. Saat ini motor tersebut sedang dalam tahap pengujian untuk mendapatkan performa yang terbaik. Sujono sebagai Ketua Pusat Studi Kendaraan Listrik UBL pun menyebutkan spesifikasi dan kemampuan motor listrik tersebut.

"Spesifikasinya pertama dari sisi dinamo penggeraknya kami menggunakan BLDC tegangan 96 Volt dan rate power-nya 9 kW dan peak-nya 16 kW. Baterainya sendiri menggunakan lithium ion berkapasitas maksimum 200 Ah, tapi rate-nya adalah 150 Ah," ujar Sujono.

   Baca Juga: Muncul di Thailand, Kenapa Honda Belum Luncurkan PCX 160 di Indonesia?

Mengenai Baterai Management System (BMS), Sujono menyebutkan menggunakan kapasitas maksimum 200 Ampere. Hal yang sama juga disematkan pada Controller penggerak listriknya yang menggunakan kapasitas 200 Ampere. Motor listrik BL-SEV01 digerakkan dengan transmisi otomatis tanpa adanya operan gigi.

"Kemampuannya kami belum melakukan tes top speed di lapangan, baru di atas simulasi dengan beberapa asumsi berat motor. Berdasarkan simulasi kemampuannya bisa sampai 130 hingga 160 km per jam untuk top speed. Kapasitas baterainya berdasarkan perhitungan di atas kertas mampu menempuh jarak 110-120 km," lanjut Sujono.

Meski sudah diluncurkan dan sedikit dicoba untuk berkeliling wilayah UBL, Sujono meyakini BL-SEV01 harus melewati beberapa tes. Di antaranya adalah tes di jalanan biasa dan pengetesan di arena balap. Dengan demikian menurutnya dapat mengetes sejumlah hal baik dari endurance, top-speed, kenyamanan, hingga pengeremannya.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Terbaru

Motor Listrik | 3 jam yang lalu

Motor Listrik Polytron Bisa Lewati Banjir Satu Meter, Ini Alasannya

Sport | 23 jam yang lalu

Pembalap Indonesia Bisa Cari Ilmu di Akademi Valentino Rossi

Motor Listrik | 1 hari yang lalu

Berikut Daftar Bengkel Konversi Motor Listrik Gratis

Berita | 1 hari yang lalu

Harga Terbaru Yamaha Fazzio per April 2024

Sport | 1 hari yang lalu

Hasil MotoGP Jerez 2024: Podium Dikuasai Ducati
Beranda Trending Motor Listrik