Masukan kata kunci yang ingin Anda cari pada kotak diatas.

Tentang Kami
Disclaimer Hubungi Kami Info Iklan Karir Peraturan Media Siber Redaksi Tentang Otorider
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
redaksi@otorider.com (Redaksi)
marketing@otorider.com (Marketing)
Member of :
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.

Komentar Pembalap MotoGP Usai Jajal Teknologi Komunikasi di Helm

Sabtu, 6 Mei 2023
Ruslan Abdul Gani

Teknologi pendukung ajang balap MotoGP terus dikembangkan dari masa ke masa. Wacana tentang penggunaan radio komunikasi di helm para pembalap seperti yang digunakan di ajang balap mobil Formula 1 pun sudah mulai diuji coba. 

Uji coba itu dilakukan saat sesi tes resmi di Sirkuit Jerez, Spanyol pada Senin (1/5). Langkah tersebut dilakukan agar race direction serta kru bisa berkomunikasi dengan para pembalap ketika di lintasan.

   Baca Juga: Rossi Jadi Duta Yamaha, VR46 Racing Team Bakal Tinggalkan Ducati?

Fabio Quartararo dari Monster Energy Yamaha menilai teknologi radio di helm ini bisa cukup membantu ketika terdapat kecelakaan di dalam trek. "Selama tiga lap mendengar 'bendera merah, bendera merah, bendera merah!'. Menurut saya jika Anda bisa menggunakannya dengan tepat, itu menjadi bagus dan aman. Tapi sepertinya kami tidak butuh banyak orang berbicara melalui radio," ujar Quartararo dikutip dari Crash.

"Menurut saya, bagus untuk menggunakan radio komunikasi. Tapi, hanya untuk kasus yang benar-benar penting, seperti bendera merah, oli di trek, sesuatu yang berhubungan dengan bahahya. Tapi, bukan untuk pembicaraan tim," lanjutnya.

Kemudian, menurut Luca Marini dari Mooney VR46, penggunaan radio komunikasi di helm ini cukup mengganggu kenyamanan. Bahkan, bisa menimbulkan masalah baru bagi para pembalap.

   Baca Juga: Merasa Tertinggal, Honda Uji Sasis Baru Kalex di Tes MotoGP Jerez 2023

"Menurut saya, implementasinya mustahil. Ini tidak bahaya, tapi mustahil. Kami tidak butuh itu. Kami tidak punya waktu untuk bernafas. Ketika Anda dengar seseorang berbicara, itu sangat mengganggu," kata Luca Marini.

Lebih lanjut, Marini punya saran jika ingin mengirimkan informasi kepada pembalap, bisa dengan cara memberi notifikasi di dasbor motor. "Anda bisa mengirim kami notifikasi di dasbor, tidak masalah. Saya tidak tahu bagaimana semuanya bisa menerimanya," jelas Marini.

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Terbaru

Berita | 6 jam yang lalu

PEVS 2024: Keeway EV Rilis Empat Produk Baru, Harga Mulai Rp 14 Jutaan

Motor Listrik | 6 jam yang lalu

Gesits Bikin Program Bayar Motor Listrik dari Potongan Gaji

Sport | 7 jam yang lalu

Podium di MotoGP Jerez 2024, Marquez: Kemenangan Bukan Mimpi Lagi

Sport | 7 jam yang lalu

Tabel Klasemen MotoGP 2024 Usai Seri Jerez, Spanyol

Motor Listrik | 12 jam yang lalu

Motor Listrik Polytron Bisa Lewati Banjir Satu Meter, Ini Alasannya
Beranda Trending Motor Listrik