Bosan Pelek Vespa Modern 10 Inci? Pakai Formula Upgrade Ini

Bosan Pelek Vespa Modern 10 Inci? Pakai Formula Upgrade Ini

Bagi penikmat Vespa modern, khususnya pengguna varian LX, LXV, dan S yang dibekali pelek 10 inci, tidak perlu berkecil hati. Pasalnya, Vespa Anda bisa saja tampil lebih segar dengan mengadopsi pelek 12 inci seperti halnya Vespa Sprint dan Primavera terbaru.

Begini caranya, untuk bagian depan, pelek dapat diganti secara langsung dengan ukuran 12 inci,alias plug and play (PnP).  Cara tersebut tidak senada dengan bagian belakang, lantaran ada beberapa parts yang harus disiapkan agar pelek terpasang sempurna.

"Untuk bagian depan, pelek ukuran lebih besar dapat terpasang secara PnP. Nah untuk bagian belakang, ada beberapa parts yang harus diganti supaya pelek yang ukurannya lebih besar bisa terpasang," ujar Deny, pemilik gerai  Deny's Custom di Jl. Aria Putra No.104, Ciputat, Tangerang Selatan.

Baca Juga : Quickshifter Peranti Wajib Rider Pecinta Kecepatan, Ini Pilihannya

Komponen yang harus disiapkan adalah beberapa parts orisinal Vespa Sprint, antara lain cover gearbox, paking, oli gardan, kampas rem, serta kabel rem. Sekadar mengingatkan komponen tersebut disiapkan  bagi pengguna Vespa 3V, tapi bagi pengguna Vespa 2V bisa menggunakan cover gearbox dan packing Liberty, karena vespa 2V dan 3V memiliki crankase yang berbeda.

Nah setelah seluruh komponen telah tersedia, langkah pertama ialah mengganti gearbox lama dengan yang baru. Pastikan oli gearbox sudah kosong sebelum diganti, jangan lupa sertakan juga pemasangan packing serta bearing gearbox.

"Untuk pemasangan gearbox harus ekstra diperhatikan ya, karena pemasangan gearbox yang benar sangat berpengaruh terhadap posisi roda ketika terpasang," tambah Deny.

Setelah gearbox terpasang, langkah selanjutnya adalah pemasangan kampas rem serta kabel rem yang baru. Perlu dicatat kalau gearbox lebih besar, otomatis ukuran kampas juga harus ikut diganti. Ukuran pelek yang lebih besar membuat roda lebih mundur dari semula, sehingga membutuhkan selang rem lebih panjang.

Apabila seluruh komponen sudah diaplikasikan, kini pelek 12 inci sudah dapat terpasang. Nah, untuk pemilihan pelek, bisa menggunakan model orisinal Vespa Sprint, 946, dan Primavera 12 inci serta beberapa pelek aftermarket yang berukuran serupa.

Menyoal budget yang harus disiapkan, kurang lebih Rp 2,5 juta untuk parts yang harus disediakan. Estimasi harga tersebut  belum termasuk pelek ya, jadi untuk pemilihan pelek bisa disesuaikan dengan selera dan kebutuhan.

Setelah jadi, motor jadi tambah kekar bin bantet. Ban belakang pun lebih mundur dari posisi aslinya. Spatbor belakang asli pun perlu ditekuk sedikit. Selain kekar, tampilan jadi lebih lucu dan imut. Selamat mencoba!.

Baca Juga : Ingin Ganti Gaya Pelek 12 Inci Vespa Modern? Inilah Pilihannya

Upgrade pelek Vespa Modern

Upgrade pelek Vespa Modern


 

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

CarReview.id