Habis Dipakai Jarak Jauh, Begini Cara Mencuci Motor

Habis Dipakai Jarak Jauh, Begini Cara Mencuci Motor
Selasa, 11 Juni 2019 14:10
Yulian Lahardi

Bagi Anda yang habis menggunakan motor untuk jarak jauh guna keperluan liburan, jangan lupa mencucinya. Pasalnya, mencuci motor merupakan salah satu bentuk perawatan sederhana agar tambilan lebih enak dilihat.

"Tujuan mencuci untuk menghilangkan kotoran yang menempel agar tampilan luar juga enak dilihat dan bodi motor juga lebih terawat," ujar Sofyan Hadi, spesialis bodi dan warna kendaraan dari Bengkel Auto Black, Letnan Sutopo, Tangsel.

Tips cuci motor

Pun begitu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika mencuci motor. Pertama, jangan sekali-sekali mencuci motor saat mesin panas, khususnya pada bagian blok mesin dan pangkal knalpot.

Baca juga: Beli Motor Dengan Cara Kredit, Perhatikan Sejumlah Hal Ini

Alasannya cukup jelas, kata Hadi, bila mesin panas langsung disiram dengan air, maka proses pendinginan paksa akan menyebabkan logam cacat halus atau retak. "Selain itu, jangan mencuci langsung bodi dengan material di luar air, karena bisa membuat permukaan bodi tergores. Apalagi, kalau masih ada pasir-pasir atau kotoran keras yang menempel di bodi," ujarnya.

Untuk itu Hadi menyarankan agar menyemprotkan air terlebih dahulu. "Sebaiknya dimulai pada bagian kaki-kaki motor seperti spatbor, pelek, bodi bawah, dan ban," urainya lagi..

Masih menurutnya, hindari menyemprot rantai motor dengan air bertekanan tinggi. "Hal ini bisa membuat pelumas yang melapisi rantai menjadi rontok sehingga mengurangi kemampuan kerja rantai," bilangnya.

Bahaya lainnya, masih menurut Hadi, pelumas di rantai yang disemprot air bertekanan tinggi akan memercik atau menyembur ke bagian lain seperti bodi sehingga timbul noda yang sulit dibersihkan. "Ingat, air juga bisa menyebabkan karat sehingga rantai mudah putus," bilangnya.

Lanjutnya, mesin motor merupakan bagian paling sensitif terhadap air, apalagi kalau air masuk ke sistem pengapian. Alhasil, pada bagian mesin sebaiknya bersihkan saja dengan lap basah atau gunakan kuas untuk detailnya.

Selamat mencoba!

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.