Masih Musim Hujan, Jok Motor Juga harus Diperhatikan

Masih Musim Hujan, Jok Motor Juga harus Diperhatikan

Musim hujan masih pajang, mungkin ini juga saatnya untuk memperhatikan jok sepeda motor kesayangan Anda. Mungkin banyak yang menganggap sepele, tapi kalau sudah bermasalah, bisa bikin bete. Pasalnya, jika jok sudah rusak tentunya tidak nyaman dipakai untuk riding. 

Misal terjadi sobekan yang cukup besar sehingga menyebabkan air hujan masuk terserap ke busa jok, begitu jok diduduki, air bisa merembes ke celana. Basah, deh! “Kalau merembes sih bisa dari ada sobek, atau bolong di joknya," ujar Hendi, Pemilik Dinda Jok Sport, yang terletak di Jl Cipto Mangunkusumo Raya, No 82, Ciledug, Banten.

Itu kalau jok standar. Selain sobekan hal yang bisa menyebabkan air rembes, karena jahitan pada jok tidak rapih, atau sudah tidak kencang. Bisa saja terjadi pada jok standar yang ada model jahitannya. "Namun bisa juga kalau sudah diretrim jahitannya tidak bagus, sehingga ada celah untuk keluar air,” tambah Hendi. Maksudnya diretrim, jok sudah dibungkus ulang.

   Baca juga : Catat, Selang Rem Komponen Penting yang Harus Diperhatikan

Dengan dua penyebab itu, solusinya cuma satu, yaitu mengganti kulit jok dengan yang baru. Karena memperbaiki atau mengganti sebagian pelapis jok saja, tak akan mendapatkan hasil maksimal.

“Dibanding memperbaiki sih, mending sekalian ganti baru saja. Karena jika ditambal pada bagian yang sobek. nanti bisa menambah celah air masuk juga. Lagipula, prosedurnya sama, harus mencopot semua kulitnya dulu” lanjutnya.

Retrim Jok Dinda Jok Sport

Untuk mengganti pelapis jok (retrim) gerai Dinda Jok Sport ini menawarkan harga mulai dari Rp 50 ribu untuk motor bebek atau  skutik kecil seperti Honda Beat atau Vario. O iya, harga itu untuk pelapis biasa. Untuk bahan kulit sintetis MBtech, mulai dari harga Rp 100ribu.

Sedangkan harga retrim jok untuk skuter maxi seperti Yamaha NMax atau Honda PCX, Hendi mematok harga mulai dari Rp 150 ribu untuk bahan biasa. Sedangkan kalau pakai MBtech mulai dari Rp 250 ribu.  

   Baca juga : Mau Perfoma Yamaha NMax & Aerox Makin Ciamik? Pasang Alat Ini

Selain mengerjakan retrim jok, gerai ini juga bisa melayani custom jok untuk motor-motor maxi skuter, atau motor modifikasi. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp 850 ribu tergantung tingkat kesulitan dan bahan apa yang digunakan. 

Hayo, yang joknya sobek... Jangan dibiarkan, ah!

 

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

CarReview.id