<
 
Membandingkan Fitur Suzuki Access Vs Yamaha Mio S, Manakah Yang Mampu Menggoda Anda?

Membandingkan Fitur Suzuki Access Vs Yamaha Mio S, Manakah Yang Mampu Menggoda Anda?

Seperti diberitakan sebelumnya bahwa Suzuki Access resmi diperkenalkan ke masyarakat Indonesia melalui pameran Jakarta Fair Kemayoran (24/5-1/7). Meskipun sebatas hanya dipamerkan, tapi bila PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS) serius menjualnya, maka Access bisa jadi batu sandungan Yamaha Mio tipe S.

Nah, bila keduanya dibandingkan, tentu Anda penasaran, mana yang lebih unggul?

Suzuki Access

suzuki access

Sebenarnya model Suzuki Access sudah diperkenalkan Suzuki India di New Delhi dua tahun lalu. Saat itu, skuter bertampang retro ini hanya dibanderol 53.877 Rupee, atau setara Rp 10,5 juta (kurs yang berlaku tahun 2016). Nah, bila dihitung saat ini sudah termasuk pajak yang berlaku di Indonesia, bila SIS berkenan menghadirkannya, bisa saja dijual di angka Rp 18 juta hingga Rp 20 jutaan.

Suzuki Access 125 sendiri memiliki fitur yang maksimal. Seperti mesin Suzuki Eco Performance (SEP) yang dikembangkan agar minim gesekan.

Baca juga: Akhirnya Harga Suzuki Nex Generasi Kedua Resmi Diumumkan, Pasti Bikin Anda Senang!

Mesin Access ini mampu memiliki tenaga maksimum 8,7 hp di 7.000 rpm dan torsi 10,2 Nm pada 5.000 rpm. Efisiensi bahan bakarnya juga diklaim 64 km perliter bensin.

Menjadi menarik lantaran turing jauh bisa ditempuh dengan lancar, karena kapasitas tangki bensin bisa mencapai 6 liter. Ini juga ditunjang dek pengemudi yang lebar dan kapasitas bagasi 21 liter, dengan soket charger handphone opsional.

Bukan itu saja, ada juga indikator spidometer Access 125 yang mengandalkan kombinasi analog dan digital multi-informasi, termasuk indikator servis. Tambahan lain yaitu fitur yang ada di Suzuki All New Satria F150 seperti Suzuki Easy Start System dan Push Type Shuttered Key juga tertanam pada Access 125. 

Yamaha Mio S

Yamaha Mio S

Langkah awal untuk mencermati Mio S ini adalah dari harga yang ditawarkan yaitu Rp 15,95 juta (On the Road Jakarta). Sasaran berikutnya adalah mesin yang sudah menggendong kapasitas 125 cc dengan teknologi Blue Core yang diklaim lebih irit bahan bakar tanpa mengabaikan performa.

Artinya, secara mesin antara Suzuki Access dan Yamaha Mio S, sama-sama menggendong dapur pacu berkapasitas 125 cc.

Secara lengkap, Mio S memiliki mesin satu silinder, berpendingin udara, 4-tak, SOHC. Dari mesin itulah Mio S mampu mengeluarkan tenaga 9,52 hp pada 8.000 rpm dengan torsi maksimum 9,6 Nm pada 5.500 rpm.

Baca juga: Yamaha Mio S Bisa Dicicil Ringan, Enggak Pakai Pusing!

Bila melihat dari dimensi, Mio S memiliki ukuran 1.870 x 685 x 1.060 mm (Panjang x lebar x tinggi). Sementara untuk jarak terendah ke tanah 135 mm dengan bobot 94 kg.

Nah, nilai kebaruan dari Mio S ini salah satunya adalah sudah mengadopsi ban tubeless dan tapak ban lebih lebar. Ukuran ban Mio S adalah 80/80-14 untuk bagian depan dan 100/70-14 untuk bagian belakang. Penggunaan model ban seperti ini diakui oleh Yamaha Indonesia guna menambah kenyamanan dan keseimbangan pengendalian lebih terasa saat mengemudi.

Langkah selanjutnya adalah Mio S juga sudah dibekali desain bodi yang ramping dengan kombinasi lampu depan LED dan  paduan desain nuansa berlian. Alhasil, dengan model seperti itu akan membuat Mio S sebagai center of interest.

Bukan itu saja, Mio S ini juga sudah dilengkapi kait barang yang bisa dilipat sehingga lebih praktis dan berkelas. Tidak ketinggalan fitur Answer Back System yang memudahkan pemilik motor mencari kendaraan di parkiran. Berikutnya juga ada fitur lampu hazard yang memudahkan beri tanda dalam situasi darurat. Untuk pilihan warnanya ada special green, smart white, spirit red, dan strong black.

Bagaimana?

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

CarReview.id