Mengenal Fungsi Komponen Komstir Pada Sepeda Motor

Mengenal Fungsi Komponen Komstir Pada Sepeda Motor
Selasa, 30 Juni 2020 08:00
Brian

Komstir merupakan komponen paling penting dalam sebuah sepeda motor. Komponen ini menjadi penting karena membantu pergerakkan setang kemudi. Tentunya komponen yang satu ini sering terdengar di telinga para pengendara motor, kira-kira apa ya fungsinya?

Fikri selaku mekanik spesialis Honda Tiger menyebutkan komstir dapat dibilang sebagai komponen penggerak setang. Menurutnya hampir setiap sepeda motor memiliki komponen ini, hanya saja berbeda bentuk. Setidaknya terdapat dua bentuk komstir yakni laher bulat dan laher bambu.

   Baca Juga: Honda Forza Terbaru Bakal Dibekali Teknologi VTEC?

"Fungsinya buat penggerak yang menyambungkan dari setang ke suspensi. Letaknya sendiri kalau di motor itu ada di bawah segitiga. Jadi kalau di motor batangan di ada dua, tetapi di motor bebek atau matic cuma ada satu," ujar Fikri kepada OtoRider beberapa waktu lalu.

Komstir

 

Berdasarkan penuturan Fikri, komponen komstir ini sangat diperlukan dalam sebuah sepeda motor. Karena selain menjadi komponen yang membantu penggerakan setang, komstir juga diperlukan untuk menstabilkan kemudi. Sehingga tanpa adanya komstir atau komstir yang rusak akan sangat sulit untuk mengendalikan sepeda motor.

   Baca Juga: Kawasaki Tengah Mengerjakan Teknologi Prediksi Elektronik

"Komponen komstir ini diperlukan untuk membuat stabil kendaraan terutama setang motor. Selain itu kompoen ini juga dapat meminimalkan getaran saat melalui jalanan rusak. Kalau komstir rusak tuh ya bisa membuat bahaya juga saat berkendara," ungkapnya.

Komstir ini memiliki bentuk yang cukup sederhana, pada laher bulat akan terdapat penutup atas dan bawah yang menjaga pelor tidak lepas. Sementara pada laher bambu akan memiliki perbedaan berupa wujud sekat yang memberikan arak antara pelor.

 

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.