Motor Mogok Lantaran Lewati Genangan Air? Semprotkan Cairan Ajaib Ini

Motor Mogok Lantaran Lewati Genangan Air? Semprotkan Cairan Ajaib Ini

Masih dalam musim hujan, sejumlah titik disinyalir rawan genangan air. Celakanya, tidak sedikit pengguna motor tetap nekat melewati genangan air. Ada yang berhasil, tapi tak sedikit yang terpaksa berhenti karena bermasalah.

Mengantisipasinya, memang lebih bijak tidak menerobos genangan air, apalagi dengan ketinggian kira-kira di atas lubang knalpot. Hal ini mencegah air masuk ke knalpot dan amit-amit mengalir ke ruang bakar yang bisa bikin water hammer. Bisa turun mesin nantinya. Namun, harap diingat juga, pada ketinggian di bawah knalpot juga ada peranti pengapian yang bisa terendam, seperti busi.

Kalau semua karetnya masih dalam kondisi baik, mungkin bisa mencegah air merembes masuk ke dalam kepala busi. Namun kalau sudah kurang sip kondisinya, air bisa merembes masuk dan bikin pengapian terganggu. Mesin bisa batuk-batuk dan paling parah mati. 

Sebenanrnya, air bisa diusir dengan angin bertekanan. Tapi, belum tentu ada kompresor angin saat mogok, bukan? 

Nah, ada salah satu antisipasi menarik. Anda bisa siapkan cairan ajaib ini di motor. .

“Dalam kondisi ini jangan langsung menyalakan mesin, diamkan dahulu lalu semprotkan cairan Rexco 50 di bagian kepala busi, kemudian lakukan starter kembali,” ujar Tomi Tabrani, Brand Marketing Manager Rexco.

Baca Juga : Ternyata Varian Terbaru GSX-R150 Merah Doff Hanya Diproduksi 500 Unit

Apakah cukup disemprot saja? Ternyata, iya. Menurut Tomi, cairan ini punya fungsi mengusir air dan tetap bisa menjaga komponen kelistrikan bekerja seperti sedia kala. 

O iya, satu lagi trik buat pengguna skutik. Buka cover saringan udara lalu dikeringkan, untuk memastikan tidak ada air di sana.

Lanjutnya, jika distarter masih terasa berat, coba buka busi dan semprotkan lagi cairan Rexco 50 ke dalam lubang busi dan kepala busi tadi. Karena kemungkian masih ada air di kepala busi atau bisa juga ada yang rembes masuk ke lubang busi.

Pada motor bertransmisi manual seperti motor sport atau bebek pun demikian. Coba buka bagian busi lalu semprotkan cairan Rexco 50 di bagian kepala busi. "Kemudian lakukan starter atau kick starter," urainya.

Baca Juga : Suzuki Indonesia Diduga Bakal Luncurkan Skutik Bongsor, Inilah Jawabannya

“Busi yang mati kemudian disemprotkan dengan Rexco 50, akan hidup kembali," tambahnya. Namun perlu diingat, trik ini khusus buat darurat. Hanya sementara agar motor bisa hidup kembali. "Disarankan jangan terlalu lama menggunakan busi yang sudah mati terkena air, sebaiknya diganti agar motor tetap terjaga di bagian pengapian dan performa,” tutupnya.

Setuju!

Rexco 50

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

CarReview.id