Suzuki GSX-R150 Pakai Keyless, Ini Cara Kerjanya

Suzuki GSX-R150 Pakai Keyless, Ini Cara Kerjanya
Rabu, 18 Januari 2017 14:00
Ilham Pratama

Salah satu fitur unggulan yang ditawarkan oleh motor sport fairing Suzuki GSX-R150 adalah sistem Keyless Ignition, alias kunci dengan remote. Mirip dengan milik skuter matik Yamaha Aerox 155 VVA. Tapi, aplikasi ini yang pertama di kelas sport fairing 150 cc.Lalu, bagaimana penggunaan fitur keyless di GSX-R150? Yuk, tengok.

Namanya juga teknologi baru, tentu butuh pengenalan untuk penggunaannya. O iya, sama seperti Aerox155 VVA, fitur keyless di GSX-R150 juga mengandalkan remote untuk memancarkan sinyal pada switch On/Off.

Baca Juga: Kupas Fitur Keyless Smart Key Yamaha Aerox155 VVA S Version

Baca Juga: Harga Suzuki GSX-R150 Rp 27,9 Juta, GSX-S150 Rp 23,9 Juta, Gokil!

Remote ini juga memiliki fitur Answer Back, yang bisa mencari posisi motor di parkiran lewat sinyal bunyi dan kedipan lampu sein. "Selain membuka kunci motor, ada fitur Answer Back pada remote ini, dengan radius 20 meter," ucap Audi Tarantini, Product Planning 2W PS Suzuki Indomobil Sales (SIS).

Untuk menyalakannya, pertama, kantungi remote dan pastikan jaraknya tak sampai lebih dari 1 meter dari motor. "Kalau lebih dari 1 meter, switch tak akan merespon jika diputar. Selain itu, kalau diputar paksa pun, putarannya akan kosong, tidak akan merusak rumah switch tapi hanya kepala saja yang terus berputar. Dan posisi ini bisa dibetulkan jika remote ada di dekat motor," urainya

Lalu, untuk menghidupkan mesinnya, tekan dulu switch saat posisi OFF hingga lampu pada sisi rumah kunci menyala selama 2 detik. Kemudian baru switch bisa diputar ke Acc, teruskan hingga ke posisi ON tinggal tekan tombol Engine Starter di sisi kanan setang. Nah, mesin pun akan menyala.

"Penggunaan keyless, selain praktis karena tak perlu menyolok anak kunci, juga lebih aman. Karena tak bisa lagi dibobol dengan kunci T yang kerap dipakai maling untuk mencuri motor," jelas Audi.

Lalu, jika baterai remote nya habis apa yang bakal terjadi? Menurut pria ramah ini, sebelum baterai habis, remote akan memberi sinyal dengan kedipan LED yang cepat, seperti panik. Selain itu, lampu LED di sisi switch juga akan berkedip cepat, jika baterai remote akan habis saat mesin motor berada di posisi menyala.

"Dan jika itu terjadi, segera ganti baterai pada remote nya. Baterai yang dibutuhkan mirip baterai jam dan harganya terjangkau. Jadi bisa diganti di mana saja," pungkasnya. (otorider.com)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.