Yang Perlu Diketahui Sebelum Membeli Helm

Yang Perlu Diketahui Sebelum Membeli Helm

Helm merupakan peranti terpenting ketika berkendara menggunakan sepeda motor. Tanpa adanya helm, tubuh pada bagian kepala tidak akan terproteksi ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Tetapi, bukan hanya sekedar punya, sebelum membeli helm terdapat hal-hal yang perlu diperhatikan.

Avant Tjen selaku GM PT Prakarsa Abadi Sentosa (PAS) alias perusahaan pemilik DeRide Official Store mengatakan pemilihan helm tergantung kebutuhan setiap orang. Dirinya membagikan kebutuhan berkendara menjadi dua, untuk balapan atau untuk touring.

   Baca Juga: Helm Motocross Fox V1, Paling Murah Tapi Sarat Fitur

"Milihnya tergantung ke mana dahulu? Mau buat balapan atau iseng touring-touring begitu? nah itu mesti diketahui dahulu," ujar Avant saat ditemui di GIIAS 2019 pekan lalu, Minggu (21/7).

Deride XLite GIIAS 2019

Secara umumnya, Avant mengatakan akan memilih busa yang lebih tebal pada helm yang akan dibeli. Menurutnya helm dengan busa yang lebih tebal akan membuat nyaman pengendara itu sendiri.

"Kedua saya pilih yang ventilasinya banyak. Semakin banyak sirkulasi udara di kepala, memakai helmnya akan semakin enak," jelasnya.

   Baca Juga: Tiga Helm JP Industries Diperkenalkan Di GIIAS 2019

Avant juga menyarankan untuk menggunakan tipe chin strap microlock. Menurutnya sistem penguncian helm microlock akan sangat mudah diakses atau dilepas, sehingga tidak menyulitkan ketika keadaan darurat.

Sedangkan untuk helm racing, dirinya menyarankan helm yang sudah melakukan uji Federation Internationale de Motocyclisme alias FIM. "Uji FIM itu sudah standar wajib buat di sirkuit. Saya sarankan helm-helm Shoei, X-Lite, atau NOLAN. Itu sudah lolos uji FIM," tutup Avant.

Jakarta Helmet Gallery

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

CarReview.id