Cooperative-intellegent Transportation System Teknologi Keselamatan Terkini

Cooperative-intellegent Transportation System Teknologi Keselamatan Terkini
Senin, 26 Oktober 2015 13:40
Danu P Dirgantoro

Saat ini perkembangan teknologi keselamatan dalam sepeda motor sudah cukup banyak. Ada kendali traksi, cornering ABS, hingga wheelie dan slide control. Tapi mungkin kemajuan teknologi keselamatan motor akan jadi lebih maju setelah ditandainya kerjasama BMW, Honda dan Yamaha

Diberitakan sebelumnya, Trio Honda-Yamaha-BMW Bentuk Konsorsium Demi Keselamatan Bermotor. Kali ini sudah nongol hasilnya, Cooperative-intellegent Transportation System (C-ITS), nama teknologi yang akan dikembangkan tiga raksasa pabrikan itu. Teknologi canggih ini dimungkinkan untuk di tiap motor kelak tak mungkin tabrakan. Hal ini karena ada semacam sensor yang ditanamkan di tiap motor yang mampu membaca tiap gerakan kendaraan di depannya.

“Dengan tujuan meningkatkan dan pengembangan teknologi keselamatan sepeda motor, kami serius untuk turut kerjasama mempromosikan implementasi C-ITS pada motor dan skuter,” Tetsuo Suzuki, Operating Officer Honda Motor Co. Ltd.

Untuk itu, C-ITS membutuhkan integrasi dari teknologi informasi dan komunikasi diantara sepeda motor lain, pengguna jalan lainnya juga, dan pejalan kaki. Tahap pengembangan teknologi ini akan menggunakan komunikasi nirkabel antar kendaraan. Hal ini tentu membuat manuver motor lebih aman saat melalui jalanan kota yang padat dan sibuk.

Sistem C-ITS  yang akan dibuat tahan akan guncangan, air, dan debu ini akan menerima dan memancarkan peringatan ke kendaraan lain saat di persimpangan atau tikungan. Karena di situlah menurut tiga pabrikan itu sering terjadi kecelakaan pengendara sepeda motor.

Takaaki Kimura perwakilan dari Yamaha menambahkan, “Tujuan kami adalah mempromosikan sitem Cooperative ITS yang komprehensif. Hal ini akan meningkatkan keselamatan pada kendaraan roda dua.

Ketiga pabrikan tersebut juga berharap pabrikan lainnya turut serta dalam pengembangan teknologi yang dharapkan bisa terwujud di tahun 2020 mendatang. (otorider.com)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.