Begini Sangarnya Tampang GESITS, Skuter Listrik Nasional

Begini Sangarnya Tampang GESITS, Skuter Listrik Nasional
Selasa, 3 Mei 2016 20:15
Ilham Pratama

Setelah mengumumkan kehadirannya, maka hari ini ITS dan Garansindo sukses memperkenalkan prototipe motor listrik yang sudah mencapai tahap hampir sempurna dan telah mempunyai nama yaitu “GESITS” (Garansindo Elecric Scooter ITS).

GESITS merupakan sepeda motor skutik otomatis bertenaga listrik dengan daya motor 5KW. Dengan menggunakan baterai lithium ion, dapat menempuh jarak sejauh 80 - 100 km untuk satu kali pengisian baterai.

Kebutuhan waktu pengisian baterai sekitar 1,5 - 3 jam. Dengan kecepatan maximum dapat mencapai 100km/jam (dapat disetarakan dengan motor berbahan bakar konvesional bertenaga 125cc). Namun GESITS tidak mengeluarkan emisi gas buang sama sekali sehingga kendaraan ini dapat menjadi solusi pengurangan polusi yang saat ini sudah sampai pada tahap sangat mengkhawatirkan yang menjadi problema global dunia.

Dalam perjalanan pengembangan GESITS, ITS yang telah terbukti memiliki kemampuan di bidang pengembangan kendaraan listrik telah bekerja keras dengan kehandalan, kemampuan dan pengalaman seluruh team yang dilibatkan.

Juga ditambah dengan pengalaman Garansindo salah satunya merupakan produsen motor listrik tercanggih di dunia saat ini yaitu Zero Electric Motorcycle yang berbasis di Amerika Serikat dan produsen sepeda listrik asal Italia, yaitu Italjet.

CEO Garansindo M. Al Abdullah di kesempatan kali ini menyatakan “Teknologi kendaraan listrik masih mempunyai potensi yang sangat besar karena merupakan teknologi yang relatif baru dan sedang dikembangkan di beberapa Negara sehingga kesempatan GESITS untuk masuk dalam persaingan global cukup besar. ”

Acara kemunculan perdana prototype GESITS turut dihadiri oleh Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Prof. H. Mohammad Nasir, Ph.D, Ak), Rektor ITS (Prof. Ir. Joni Hermana, M.Sc E.S Ph.D) dan Ketua Team Riset Gesits (DR. M. Nur . Yuniarto) dan beberapa tamu undangan.

Rektor ITS Prof Ir Joni Hermana, M.Sc E.S Ph.D menambahkan “Dalam Kunjungan Menristekdisti ke ITS kali ini, ada beberapa agenda acara terkait dengan program hilirisasi dasil penelitian yang dilakukan oleh ITS. Salah satunya adalah menyaksikan penyerahan produk Motor Listrik karya ITS kepada pihak industri (Garansindo) untuk dapat diproduksi secara masal.”

Ketua Team Riset GESITS DR. M. Nur . Yuniarto juga menambahkan “ITS sebagai lembaga pendidikan dan riset memang tidakpada posisi untuk memproduksi secara masal, melainkan hanya pada pengembangan teknologi dan desain, sehingga pada proses hilirisasi, ITS menggandeng pihak Garansindo.”

Garansindo akan segera merealisasi agar GESITS dapat segera diproduksi secara masal pada tahun 2017 dan dapat segera siap dijual ke konsumen pada tahun 2018. (otorider.com)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.