Nih, Perbedaan Helm Balap Motor dan Mobil

Nih, Perbedaan Helm Balap Motor dan Mobil
Jumat, 22 Januari 2016 08:00
Ilham Pratama

Sepintas saat melihat tampilan luarnya, mungkin tak terlihat adanya perbedaan antara helm balap khusus mobil dengan helm motor. Apalagi fungsi keduanya sama-sama untuk melindungi kepala penggunanya. Tetapi sebenarnya, perbedaan keduanya cukup signifikan lho. Mulai dari desain dan fiturnya sedikit berbeda.

"Perbedaan utama ada pada bagian visor (kaca helm). Ini karena posisi duduk dan pandangan pembalap motor berbeda dengan pembalap mobil," buka Harry Suherman, Presiden Director Cargloss pada Kamis (21/1).

Shigeyuki Harada, Chief Operating Officer Arai menambahkan jika visor helm balap motor dirancang lebuh lebar dengan blind spot minim. "Hal ini membuat pengendara bisa leluasa memandang ke berbagai arah. Karena dengan posisi merunduk, pembalap motor harus mudah memantau kondisi trek tanpa harus banyak menggerakan kepala," urainya.

Sedangkan mobil dirancang dengan sudut lebih sempit dan posisinya lebih rendah. "Posisi visornya di bawah kening. Tujuannya selain melindungi kening pengemudi dari benturan, juga agar pandangan pengemudi fokus ke depan," katanya

Selain itu, perbedaan lainnya ada pada fitur safety dan bahan cangkangnya. Misalnya pada helm motor berbahan super fiber yang bisa memberi efek perlindungan lebih besar. "Saat insiden di motor efeknya lebih besar. Jadi helmnya dirancang untuk kuat pada efek benturan."

Berbeda dari mobil sudah terlindung bodi. "Tapi yang ditakutkan saat insiden di balap mobil adalah api. Makanya helm mobil dirancang rapat agar api tak bisa masuk. Terutama inner mobil tahan api. Efeknya bentuknya sederhana dan kurang pas buat fashion. Tidak apik seperti helm motor," pungkas Harada. (otorider.com)

Dapatkan update berita pilihan dan terbaru setiap hari dari otorider.com. Mari bergabung di Channel Telegram OtoRider, caranya klik link https://t.me/otoridercom , kemudian join. Anda Harus install aplikasi telegram terlebih dahulu.

Video

Tetap Terhubung Bersama Kami
Hubungi Kami
Perkantoran Maisonete Mega Jalan Raya Joglo No. 41 Kebon Jeruk, Kembangan, Kota Jakarta Barat, Jakarta 11640
Email :
[email protected] (Redaksi)
[email protected] (Marketing)
OTORIDER.com Member of : Logo Bintang Langit Multimedia
Copyright © 2024. Otorider.com. All rights reserved.