Video: First Impression dan Spesifikasi Lengkap Honda CRF250Rally

Video: First Impression dan Spesifikasi Lengkap Honda CRF250Rally

Honda CRF250Rally resmi mengaspal pada Jumat (3/2) pekan lalu di Indonesia. Dan kehadiran motor bergenre adventure tersebut membuka sejarah bagi PT Astra Honda Motor (AHM) yang mulai 'berani' main tanah di Indonesia.

Maklum, motor 250 cc ini hadir dengan dua tujuan, yakni memberikan pengendalian mudah saat melalui jalan perkotaan yang padat karena bobotnya yang ringan dan proporsi yang ramping sangat cocok, sementara itu suspensi, jarak terendah ke tanah dan ketinggian joknya mampu memberikan rasa nyaman saat berkendara di permukaan kasar dan trail.

Dengan styling DNA dari HRC CRF450 Rally balap Reli Dakar, CRF250Rally menghadirkan hal baru.  Semisal penyematan floating screen, fairing upper / lower dan shroud samping secara efektif menawarkan perlindungan yang maksimal.  Hand guards menghadirkan perlindungan untuk tangan, rem, dan tuas kopling.

Sementara itu, dari sisi tengah ke sisi belakang, gaya tajam MX dengan penyematan side panels dan posisi jok / tangki menghadirkan kemudahan bagi pengendara untuk bergerak secara bebas. Under cover memberikan perlindungan mesin dari benturan dan tuas pemindah gigi dapat dilipat.  Ketinggian jok 895mm atau 20mm lebih tinggi dari CRF250L.
 
Ukuran lampu depan yang compact berbentuk asimetris dengan LED dilengkapi dengan lampu belakang, LED indikator dan dudukan plat nomor dapat dilepas. Panelmeter digital menampilkan speedometer, tachometer, fuel gauge dan jam.

Isi tangki bahan bakar yaitu 10,1L (termasuk 1,6L cadangan) mampu menghadirkan jelajah lebih dari 320km berkat hasil konsumsi bahan bakar 33,4 km/l (mode WMTC).  Tangki yang rata dengan engsel mampu menghadirkan kenyamanan.

Sasis

Frame CRF250RALLY terbuat dari besi baja, dengan bagian utama ganda berbentuk oval dan semi-double cradle.  Wheelbase yakni 1,455 mm sangat tepat untuk dipasangkan dengan caster angle / rake sebesar 28,1° dan ukuran trail 114 mm dan jarak terendah ke tanah 270 mm (15mm lebih tinggi dari CRF250L). Berat model ini 155 kg.

43 mm Inverted Front Fork Showa baru sama dengan panjang langkah 250 mm, sama dengan kembarannya (CFR250L), namun ditambahkan 50 mm.  Ringan dan kaku, di satu sisi spring dengan sisi lainnya dilengkapi dengan kontrol peredam.  Daya pegas dan peredam telah dioptimalkan sesuai dengan karakter CRF250RALLY untuk menjelajah jarak jauh.  Wheel spindle depan berukuran 17 mm (2 mm lebih lebar diameternya) menghadirkan kekuatan dan pengendalian optimal.

Model ini dilengkapi dengan Suspensi belakang Pro-Link dengan panjang langkah 265mm, 25mm lebih bila dibandingkan dengan CRF250L dan ditambah dengan rasio yang lebih panjang untuk menghadirkan kenyamanan berkendara. Peredam kejut Showa dengan pipa silinder tunggal berdiameter 40 mm.

Swingarm tapered alumunium dipadukan dengan monoblock cast menghadirkan keseimbangan kekuatan yang tepat dan mengurangi beban un-sprung.  Aluminium ekstrusi digunakan untuk collar penyetel rantai roda.

Untuk menghadirkan kemampuan pengereman optimal telah disematkan 296 mm floating wave-style disc yang bekerja dengan kaliper dua piston.  Dua chanel ABS dipasang sebagai model standar dan sebagai pilihan pengendara untuk dapat dinonaktifkan kaliper belakangnya.

CRF250Rally hadir dengan rim wheel alumunium  dengan warna hitam Alumite (dengan ukuran 21 inchi bagian depan dan 18 inchi belakang) dan menggunakan ban dengan pola dual purpose (depan: 3.00-21 51P, belakang: 120/80-18M/C 62P).

Mesin

CRF250Rally dengan mesin 250 cc liquid-cooled single-cylinder DOHC difokuskan pada pada torsi bawah dan tenaga di rpm tinggi sekaligus mengirimkan tenaga secara linier. Bahkan model ini  mampu menghasilkan tenaga maksimum 24,4 dk per 8.500 rpm dan torsi maksimum 22,6 Nm di 6,750 rpm.

PGM-FI menyuplai campuran / udara melalui throttle body 38 mm dan menarik udara dari airbox langsung melalui pipa penghubung. Knalpot memiliki diameter 115 mm, terdapat katalis dan menggunakan dua ruangan. Sebuah downpipe besar membantu mesin bernapas dan membuat lebih banyak tenaga.

Warna
 
Hanya ada satu warna Extreme Red hadir pada Februari 2017 dengan dipasarkan dengan harga OTR (On The Road) DKI Jakarta Rp 62,9 juta. (otorider.com)

 

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

CarReview.id