Balapan Motor di Jalanan Kampung Jadi Sorotan

Balapan Motor di Jalanan Kampung Jadi Sorotan

Mengendarai sepeda motor diperlukan kewaspadaan dan kehati-hatian yang sangat tinggi. Sangat tidak disarankan untuk mencoba performa tinggi sepeda motor di jalanan umum. Karena hal tersebut dapat membahayakan diri sendiri dan orang lain.

Namun tampaknya hal tersebut tidak selalu dipahami oleh setiap kalangan pengendara sepeda motor. Baru-baru ini terdapat video yang menunjukkan beberapa sepeda motor kebut-kebutan di jalanan kampung. Dalam video tersebut pengendara motor terlihat seperti sedang berkompetisi balap.

   Baca Juga: Daftar Pembalap Kejuaraan Dunia FIM Enel MotoE 2020

Video itu kemudian diunggah oleh Ikatan Motor Indonesia (IMI) di akun Instagram @imi_id. IMI sendiri merupakan organisasi induk dari olahraga bermotor baik mobil maupun sepeda motor di Indonesia. IMI pun menyoroti beberapa pemotor yang seakan tengah mengadakan balapan di jalanan kampung.

Pre-Launch MotoGP Mandalika 2021

 

Tentunya sorotan IMI lebih kepada penyelenggaraan balapan yang tidak aman, terutama balapan jalanan. Menurut IMI, saat ini untuk melakukan balapan jalanan alias street circuit Indonesia akan segera memiliki wadahnya. Wadah tersebut adalah Formula E DKI Jakarta dan MotoGP Mandalika NTB.

"Kalau menurut mimin event Street Circuit bagus, akan tetapi harus mempertimbangkan unsur safety ya gaes. Because Motorsport Can Be Dangerous," tulis admin akun Instagram @imi_id, Minggu (15/12).

    Baca Juga: Michael Doohan Tekankan Sirkuit Mandalika Harus Aman

Soal balapan jalanan, ini bukanlah hal baru di dunia balap. Bahkan di luar negeri sudah terdapat beberapa ajang balap yang menggunakan sirkuit jalanan. Salah satunya adalah balapan Isle of Man TT di Inggris.

Isle of Man TT merupakan balapan yang dilakukan di jalan raya sebuah pedesaan. Beberapa titik di sirkuit tersebut masih didapati rumah warga yang bersebelahan langsung dengan lintasan balap. Bahkan balapan Isle of Man TT di Inggris disebut-sebut sebagai balapan paling berbahaya di dunia.

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

Bus-truck.id