Ducati Panigale 1299 Dicolok Mesin Hybrid, Tenaganya Capai 304 PS

Ducati Panigale 1299 Dicolok Mesin Hybrid, Tenaganya Capai 304 PS

Sebuah perusahaan elektronik dan mesin Italia, Efesto telah mengungkapkan konversi kit untuk Ducati 1299 Panigale. Alat konversi itu mampu merubah mesin Panigale tersebut menjadi hybrid. Bahkan mampu membuat mesin Panigale lebih kuat dibandingkan Kawasaki H2.

Dilansir dari Visordown, alat tersebut bernama Efesto 200 Novantanove Hybrid Kit. Alat tersebut sebenarnya cukup simpel yakni hanya memasangkan menggunakan baut pada Panigale, alias plug and play. Tetapi memiliki hasil yang luar biasa, membuat tenaga Panigale meningkat sampai 101 PS dan 149 Nm.

   Baca Juga: Kawasaki Akan Buat Motor Listrik Berbasis Ninja

Alat tersebut memiliki empat mode berkendara yang bisa memberikan skenario performa yang berbeda, yakni Pure Thermic, Pure Electric, Boost, dan Custom. Pure Thermic membiarkan mesin L-Twin bekerja sementara itu juga mengecas baterai ketika pengereman. Pure Electric adalah 40 menit full mesin listrik dimana throttle kontrol digunakan melalui elektrik yang dapat berlari hingga 72 km/jam.

Ducati Panigale 1299 Hybrid

 

Kemudian di Boost mode membuat mesin listrik dan mesin bensin bekerjasama yang menghasilkan tenaga 304 PS dan torsi 295 Nm. Sementara di Custom mode, membiarkan pengendara memilih kombinasi tenaga dan torsi berdasarkan hybrid power unit.

   Baca Juga: Kawasaki Akan Hentikan Produksi ZZR1400 Setelah 2020

Tetapi jika ditelisik lebih dalam, ternyata pemasangan alat hybrid ini tidak sekedar plug and play. Motor listrik ini dipasangkan dibawah swing arm dengan tenaga yang disalurkan kepada ban belakang melalui pengaturan rantai dan poros penggerak sekunder. Alat ini pun menambah berat motor sekitar 25 kg, sehingga menambah bobot cukup banyak. Soal harganya, Visordown menyebutkan belum terdapat harga banderol soal alat ini.

 

Baca Juga

     
    Daftarkan diri Anda untuk
    mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
     

    Bus-truck.id