Estimasi Biaya dan Waktu Restorasi Honda Astrea Series di Ducks Garage

Estimasi Biaya dan Waktu Restorasi Honda Astrea Series di Ducks Garage

Restorasi motor menjadi salah satu cara untuk mengembalikan motor menjadi seperti baru. Apalagi motor-motor yang sudah berusia tua namun masih memiliki desain yang tak lekang oleh zaman. Hal ini pula yang banyak dilakukan oleh pemilik motor Honda Astrea Series.

Belakangan, pengguna motor bebek dengan ciri khas sayap putihnya ini banyak ditemui di jalan dengan tampilan yang menawan. Mulai dari tampilan luar yang mengkilap seperti baru hingga suara mesinnya yang terdengar halus.

Umumnya, kondisi motor seperti ini, selain dirawat dengan benar, juga beberapa ada yang melewati proses restorasi. Salah satu bengkel yang melayani restorasi motor bebek adalah Ducks Garage.

   Baca Juga: Strategi Faerozi Hadapi Balap Malam di Sirkuit Losail, Qatar dalam WSS300

   Baca Juga: Aprilia Shiver 900, Spesifikasi, Galeri Foto dan Video

Lalu, berapa biaya dan waktu yang dibutuhkan untuk merestorasi sebuah 'bebek'? Adit, pemilik Ducks Garage menjelaskan bahwa biaya merestorasi tidak bisa ditebak. Hal ini tergantung dari kondisi aktual motor itu sendiri.

"Nah itu, banyak yang tanya soal kisaran untuk restorasi. Karena memang tidak bisa ditebak. Beda kondisi unit, beda juga biayanya," kata Adit pada OtoRider beberapa waktu lalu.

Astrea Series dan Ducks Garage

Biaya yang pasti dikeluarkan untuk restorasi di Ducks Garage sendiri Rp 3 juta. Adit menambahkan, biaya ini belum termasuk penggantian spare part motor.

"Biaya Rp 3 juta itu dibagi Rp 1,5 juta untuk repaint full satu unit. Rp 1,5 jutanya lagi untuk jasa bongkar pasang, assembling perakitan, kelistrikan, detailing body, detailing mesin, dan detailing baut," jelasnya.

Sementara itu, untuk waktu melakukan restorasi umumnya dibutuhkan waktu kurang lebih satu bulan, tergantung spare part yang digunakan. Semakin sulit mencari spare part-nya, maka waktunya pun akan lebih lama lagi. Biasanya, lamanya waktu diperlukan untuk mencari spare part original motor tersebut, mengingat sudah tidak lagi diproduksi oleh pabrikan.

Astrea Series dan Ducks Garage

"Setelah motor masuk ke bengkel dan list spare part yang harus diganti apa saja, kemudian setuju. Hitungan setelah motor dibongkar itu saya janjikan ke konsumen satu bulan. Kecuali, misal lihat kondisi unit, ini spare part minta dengan barang yang orisinil yang susah dicarinya, pasti saya enggak bisa janji satu bulan," ungkap pemilik bengkel yang bermarkas di Bandung, Jawa Barat ini.

Adit menambahkan, Ducks Garage mau memberikan pengerjaan yang semaksimal mungkin untuk tiap motor yang direstorasi. Menurutnya, motor keluaran pabrikan sudah cukup bagus, tapi ia ingin motor yang usai direstorasinya bisa lebih bagus dari saat kondisi barunya.

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

CarReview.id