Honda ADV150 Tidak Bisa Saling Substitusi Kaki-kaki Dengan PCX

Honda ADV150 Tidak Bisa Saling Substitusi Kaki-kaki Dengan PCX

Honda ADV150 memang hadir dengan platform yang sama dengan Honda PCX. Namun, ternyata ada sejumlah hal yang tidak bisa disamakan antara Honda PCX dan Honda ADV150. Sehingga beberapa komponen tak bisa saling tukar pakai alias substitusi. Misal, buat pemilik PCX yang naksir kaki-kaki ADV, maaf, tidak bisa asal pasang langsung.

Endro Sutarno, Technical Service Division PT Astra Honda Motor mengatakan, Honda ADV150 memiliki baut pada cakram yang berbeda dibandingkan dengan PCX. Jika baut cakram di Honda PCX menggunakan empat baut, pada ADV150 baut cakram yang digunakan mencapai enam buah.

   Baca Juga: Coba Motor Baru di Area Test Ride GIIAS 2019, Sudah Ada Honda ADV150!

"Pertama dudukan cakramnya berbeda, ADV150 pakai enam baut sedangkan PCX hanya pakai empat baut," ucap Endro di Booth Honda Big Wing GIIAS 2019, Tangerang, Senin (22/7).

Dengan demikian, pemilik ADV150 yang menginginkan untuk mengganti pelek jari-jari agar lebih mirip dengan X-ADV diharap untuk bersabar. Karena pastinya, saat ini teromol aftermarket untuk ADV150 belum tersedia di pasaran. Sedangkan jika menggunakan tromol dari PCX tidak akan sesuai dengan dudukan cakram ADV150.

Honda ADV 150

Mau pakai cakram PCX? Tunggu dulu. Selain bautnya, diameter cakram keduanya pun berbeda. "Ukuran cakram ADV150 dan PCX juga berbeda. ADV150 pakai cakram berukuran 240 mm sedangkan PCX 220 mm," tambah Endro.

Kemudian, ADV150 memiliki jarak antara sok depan yang lebih lebar dibandingkan PCX. Hal ini membuat  as roda ADV150 juga lebih panjang. "Untuk belakang, mata as rodanya memang sama dengan PCX. Tinggal perhatikan baut pegangan cakram dan lebarnya saja agar sesuai," tutup Endro.

   Baca Juga: Fitur Unggulan Honda ADV150, Cocok Buat Petualang?

Motor seperti ADV150 yang berkonsep adventure memang dinilai lebih cocok menggunakan pelek jari-jari. Pasalnya, pelek jari-jari memiliki sifat yang lebih lentur dibandingkan pelek palang. Sehingga kelenturan tersebut dianggap lebih cocok digunakan di jalanan off-road.

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

CarReview.id