Honda: Besarnya Kontribusi Penjualan Motor Matik Bakal Ciptakan Banyak Segmen

Honda: Besarnya Kontribusi Penjualan Motor Matik Bakal Ciptakan Banyak Segmen

Saat ini motor matic merupakan segmen motor yang banyak dipilih konsumen sebagai tunggangan sehari-hari. Penggunaan matic yang lebih mudah dibandingkan segmen motor lain tentunya menjadi alasan mendasar para pembelinya. Sehingga dengan pangsa pasarnya yang lebih besar, mendorong pabrikan motor untuk menjual lebih banyak ragam motor matic.

Ternyata kebutuhan akan motor matic tidak sebatas untuk penggunaan dalam kota saja. Beberapa model yang diluncurkan pabrikan pun dibuat berdasarkan permintaan pasar yang membutuhkan motor matic lebih dari sekedar untuk keperluan harian. Seperti di pasar Indonesia saat ini yang memiliki jenis motor matic berkarakter petualang.

   Baca Juga: Inspirasi Para Builder untuk Konsep Modifikasi Honda ADV150

Ferry Firman selaku Advisor Marketing Planning Analysis Division PT Astra Honda Motor (AHM) mengatakan banyak pandangan kreatif yang dapat diaplikasikan di motor-motor matic. Menurutnya di jalanan sendiri sudah banyak motor matic standar yang dimodifikasi berkonsep petualang.

Honda Dream Ride Project 2019

 

"Banyak yang kreatif sebetulnya terjadi di motor-motor matic seperti di PCX, Vario, dll. Banyak modifikasi berkonsep adventure, sehingga kami juga ada yang semi adventurenya, BeAT Street. Artinya memang ada segmen-segmen yang memberangkatkan motor berpetualang dengan mesin matic," ungkap Ferry di Solo, Senin (26/8).

Ferry berpendapat saat ini motor matic memiliki 80% kontribusi terhadap penjualan motor secara keseluruhan di Indonesia. Berangkat dari jumlah pasar yang besar membuat Ferry berkesimpulan bahwa akan tercipta segmen-segmen baru di dalam motor matic.

   Baca Juga: Terjepit Brand Jepang, Skutik 150 cc Benelli Bertemakan Klasik

"Karena dengan 80% kontribusi matik ini masih banyak segmen-segmen baru. Jadi bakal terjadi suatu saat, misalkan caferacer matic pasti ada," ungkap Ferry.

Honda Dream Ride Project 2019

 

Saat ini memang AHM telah menggebrak pasar dengan menghadirkan motor matic petualang yakni ADV150. Sebelumnya, sejumlah pabrikan juga telah memiliki motor matic semi petualang seperti Honda BeAT Street dan Yamaha X-Ride. Kira-kira kedepannya akan ada motor matik seperti apa lagi ya?

 
 
Daftarkan diri Anda untuk
mendapatkan informasi terkini mengenai mobil.
 

CarReview.id